Museum Nasional Pamerkan Patung Buddha Tertua

Museum Nasional Pamerkan Patung Buddha Tertua
Museum Nasional Pamerkan Patung Buddha Tertua

Museum Nasional Pamerkan Patung Buddha Tertua

Museum Nasional Pamerkan Patung Buddha Tertua

Namo Buddhaya - Museum Nasional Indonesia memamerkan patung Buddha Dipangkara tertua yang merupakan peninggalan abad ke-2 Masehi untuk meningkatkan pengetahuan kesejarahan masyarakat.

"Patung Buddha Dipangkara berbahan baku perunggu ini merupakan koleksi tertua di antara 141 ribu koleksi patung di Museum Nasional," kata Pengurus Layanan Edukasi Museum Nasional Asep Firman Y di Jakarta, Rabu (1/10).

Ia menjelaskan patung Buddha Dipangkara diperkirakan peninggalan abad ke-2 Masehi karena dilihat dari gaya seni, struktur dan bentuk abad ke-2 dari India Selatan, ditemukan di Sikendeng Mamuju, Sulawesi Barat.

Museum Nasional Pamerkan Patung Buddha Tertua

"Para nelayan di Sulawesi mempercayai patung ini membawa keberkahan dan kebaikan dalam melaut, karena dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan," ujarnya.

Ia mengatakan, kemungkinan arca yang dibawah pelaut karena tidak ditemukan kerajaan Hindu-Budha tapi itu bukan asli buatan indoesia karena didatangkan dari luar merupaka interpretasi ahli arca dilihat dari gaya seni abad ke-2 ditemukan Disikendeng Mamuju.

"Sampai saat ini, tidak menemukan bekas peradaban hindu budha, dan tidak ditemukan kerajaan di sana Buddha dipangkara merupakan buddha penjaga laut dan kemungkinan di bawah pelaut sehingga ada di wilayah Sulawesi," ujarnya.

Sumber: Kompas.com

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.

"Namo Buddhaya..."

Terima kasih atas dukungan yang diberikan selama ini untuk situs Buddha.id.

Semoga Sang Tiratana selalu melimpahkan berkah kesejahteraan, rejeki dan kesuksesan Untuk Kita Semua
"Sadhu..Sadhu..Sadhu...".

×