Tempat-Tempat Ziarah Agama Buddha

Tempat-Tempat Ziarah Agama Buddha
Tempat-Tempat Ziarah Agama Buddha

Tempat-Tempat Ziarah Agama Buddha

Tempat-Tempat Ziarah Agama Buddha

Namo Buddhaya, teman-teman pastinya sudah tidak asing dengan artikel yang akan Admin share disini yaitu tentang Tempat-Tempat Ziarah Agama Buddha. Dalam pelajaran sekolah tingkat SD pastinya kita semua mempelajari tentang sejarah Agama Buddha dan salah satunya tentang tempat Ziarah ini.

Dalam Mahaparibnibbana Sutta (khotbah saat-saat terakhir Sang Buddha) Sang Buddha bersabda “Ananda ada empat tempat bagi seorang berbakti seharusnya pergi berziarah, menyatakan sujudnya dengan perasaan hormat.

Bagi mereka yang dengan keyakinan yang kuat melakukan ziarah ketempat-tempat suci, maka setelah meninggal dunia mereka akan terlahir kembali di alam surga. Berziarah ketempat-tempat suci agama Buddha disebut Dharmayatra.

Ada empat tempat suci bagi agama Buddha yaitu:

1.Taman Lumbini
2.Buddhagaya
3.Taman Rusa Isipatana
4.Kusinara

Taman Lumbini
Taman Lumbini adalah tempat suci bagi agama Buddha karena sebagai tempat kelahiran Bodhisatva Sidharta Gautama, di Taman Lumbini terdapat pilar Raja Asoka yang bertuliskan “Disinilah tempat Bodhisatva Siddharta dilahirkan.”

Buddha Gaya
Buddha Gaya sebagai tempat suci karena di tempat ini Buddhisatva Sidharta mencapai penerangan sempurna dan menjadi Buddha. DiBuddha Gaya dibangun stupa besar sedang di sekitar pohon Bodhi dibangun berbagai vihara.

Taman Rusa Isipathana
Taman Rusa Isipatahana sekarang benama Sarnath. Adalah tempat suci karena di Taman inilah Sang Buddha memberikan Dhammacakka Pavathanana Sutta ( pemutaran roda Dhamma yang pertama kali) kepada lima orang pertapa.

Kusinara
Kusinara sebagai tempat suci bagi umat Buddha karena sebagai tempat Sang Budhha parinibbana atau wafat. Sang Buddha wafat pada usia yang ke 80 tahun.

Sumber: http://pak-diyon.blogspot.co.id/2012/03/tempat-tempat-ziarah-agama-buddha.html

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.

"Namo Buddhaya..."

Terima kasih atas dukungan yang diberikan selama ini untuk situs Buddha.id.

Semoga Sang Tiratana selalu melimpahkan berkah kesejahteraan, rejeki dan kesuksesan Untuk Kita Semua
"Sadhu..Sadhu..Sadhu...".

×