Klenteng di China Konon Tertua Berusia 1900 Tahun

Klenteng di China Konon Tertua Berusia 1900 Tahun
Klenteng di China Konon Tertua Berusia 1900 Tahun

Klenteng di China Konon Tertua Berusia 1900 Tahun

Klenteng di China Konon Tertua Berusia 1900 Tahun

Seperti kita ketahui di dunia banyak sekali klenteng yang tersebar diberbagai negara, di Indonesia sendiri mungkin jika dihitung secara keseluruhan bisa mencapai ribuan dan ini tentunya sangat luar biasa sekali. Namun dari ribuan atau jutaan klenteng yang tersebar di seluruh dunia negara manakah yang memiliki klenteng paling tertua di dunia?

Jawabannya jatuh pada China. Salah satu kuil tertua di negara itu bernama The White Horse Temple. Dikutip dari chinaculture.org, Kamis (4/2/2016), kuil terletak di selatan Gunung Mangshan, dan menghadap ke Sungai Luohe di Selatan. Pembangunan kuil dimulai pada tahun ke-11 pada masa pemerintahan Yongping Kaisar Mingdi di Dinasti Eastern Han 1.900 tahun lalu, pada saat itu merupakan masa di mana ajaran Buddhisme menyebar ke China.

Klenteng di China Konon Tertua Berusia 1900 Tahun

The White Horse Temple ini merupakan warisan dari Dinasti Ming (1368 - 1644 ) dan Dinasti Qing ( 1644 - 1911 ), dan sampai saat ini klenteng ini sudah banyak mengalami perubahan dan perbaikan dari Dinasti Sebelumnya.

Baca juga: Melihat Keindahan Patung Dewi Kwan Im (Guanyin) Hainan Tertinggi di Dunia

Posisi banguan klenteng pada halaman utama menghadap selatan berdiri di atas poros tengah, termasuk Temple Gate, Heavenly King Hall, Great Buddha Hall, Main Hall, Jieyin Hall dan Pillu Pavilion. Selain itu juga terdapat ruangan lain seperti, Reception Chamber, Cloud-Water Chamber, Ancestors Chamber, Guests Chamber, Buddhist Chamber, dan Abbot Courtyard. White Horse Temple sedikitnya memiliki lebih dari 100 kamar.

Dalam aula klenteg ini terdapat sebuah lonceng besar dengan bobot 2.500 kilogram yang merupakan peninggalan sejarah dari masa pemerintahan Kaisar Jiajing dari Dinasti Ming. Dengan kondisinya yang saat ini telah banyak berubah The White Horse Temple banyak menarik wisatawan domestik dan asing untuk berkunjung ketempat ini.

Buat teman-teman yang ingin berlibur ke China bisa coba mampir ketempat bersejarah ini. Sekian informasi tentang Klenteng di China Konon Tertua Berusia 1900 Tahun, dilain kesempatan situs akan mengulas hal-hal menarik lainnya.

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Update : Cetakan Sutra Sebab Akibat Jild 5 Telah di Buka Pada 18/06/2018. Selengkapnya Bisa Lihat Disini. Salam Metta _/|\_ premium

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.