Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Klenteng Tek Hay Kiong Tegal
Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Terakhir kali kita sudah melihat Klenteng Chandra Nadi Tertua di Palembang (Soei Goeat Kiang), dan pada kesempatan ini mari kita melihat salah satu klenteng yang sangat dikenal di Tegal yang bernama Klenteng Tek Hay Kiong. Menurut informasi yang berkembang keberadaan klenteng ini tidak diketahui dengan pasti kapan tepatnya mulai dibangun.

Namun menurut sejarah Klenteng Tek Hay Kiong ini mulai direstorai pada tahun 1837 saat Kaisar Dao Guang ke 17 tahun Ding You. Kapiten Tan Koen Hway bersama rekan-rekannya di Tegal membangun kelenteng yang diberi nama Tek Hay Kiong yang dapat diartikan juga Istana Tek Hay Cin Jin.

Klenteng Tek Hay Kiong sangat luas berdiri diatas tanah seluas 4500 meter persegi dengan tuan rumahnya Ze Hai Zhen Ren / Tek Hay Cin Jien, yang nama aslinya Konco Guo Liuk Kwan [Kwee Lak Kwa] yang artinya “Seorang insan yang telah mencapai Ke Tuhanan dan Kebajikan seluas lautan”, merupakan dewa pujaan utama di Klenteng Tek Hay Kiong Tegal.

Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Setiap perayaan Imlek datang klenteng ini selalu dihiasi lilin-lilin seperti gambar diatas yang diletakan dihalam depan bagian klenteng dan perlahan akan dimasukan kedalam ruangan pada nantinya.

Klenteng Tek Hay Kiong terletak dijalan Gurame no 2 Tegal - Jawa Tengah. Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya khususnya dikalangan etnis Tionghoa, klenteng ini begitu populer selain berada dipusat kota stuktur bangunan klenteng ini dianggap menarik dan unik. Ditambah umur rumah ibadah Tek Hay Kiong tergolong cukup tua, maka tidak heran klenteng ini selalu ramai dikunjungi umat yang ingin melakukan kegiatan ritualnya.

Saat ini klenteng Tek Hay Kiong dapat dikatakan terlihat sangat aktif sebagai tempat ibadah hal tersebut dapat dilihat dari bangunannya yang sangat terawat dan arsitektur banguannya tidak jauh berbeda pada klenteng pada umumnya terdapat Simbol Naga pada atap atas serta ukiran dewa-dewa pada sisi-sisi ruangan.

Suasana pada malam harinya pun sangat nyaman dan indah dengan penerangan lampion-lampion yang terpasang dan tertata dengan rapih.

Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Demikian ulasan singakt tentang Klenteng Tek Hay Kiong Tegal, jika ada waktu luang saat berlibur ke Jawa Tengah teman-teman dapat berkunjung ketempat ini.

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Update : Semua Dokumentasi Kegiatan Yang Diadakan Situs Dapat Dilihat Pada Web Ini Atau Fanspage Facebook Serta Instagram Buddha.id. Salam Metta _/|\_ premium

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.