Sakit Tua Mati Bukanlah Sebab Penderitaan

Sakit Tua Mati Bukanlah Sebab Penderitaan
Sakit Tua Mati Bukanlah Sebab Penderitaan

Sakit Tua Mati Bukanlah Sebab Penderitaan

Sakit Tua Mati Bukanlah Sebab Penderitaan

Buddha.id - Namo Buddhaya, Sakit Tua Mati Bukanlah Sebab Penderitaan. Oleh: Bhante Sri Pannavaro Mahathera. VPDS Asadha 9 Agustus 2014

Dalam empat kesunyataan mulia dikatakan hidup ini adalah dukkha, penuh ketidakpuasan. Lahir, tua, sakit dan mati adalah dukkha. Tetapi sakit tua dan mati bukanlah sebab dari penderitaan. Apakah anda bingung dengan kalimat diatas?

Sesungguhnya ajaran Buddha Gautama jika ingin di ringkas menjadi satu kalimat hanyalah berisi tentang penderitaan dan lenyapnya penderitaan. Tidak lebih dan tidak kurang. Kita selalu diingatkan bahwa hidup ini menderita dan anda harus melakukan apa yang diajarkan Buddha untuk dapat melenyapkan penderitaan.

Kita semua dapat merasakan bahwa kelahiran membawa penderitaan. Sakit adalah menderita. Tua adalah penderitaan dan mati adalah penderitaan. Namun bhante Sri Pannavaro mengatakan, walaupun sakit adalah menderita tetapi sakit atau penyakit itu bukanlah yang menyebabkan anda menderita. Demikian juga menjadi tua merupakan penderitaan, tetapi tua itu sendiri atau ke-tua-an itu bukanlah sebab dari penderitaan kita. Penjelasan yang sama berlaku juga dengan kematian.

Kita tahu Buddha semasa masih hidup pun sudah terbebas dari penderitaan. Namun Buddha tetap mengalami tua, sakit dan meninggal (parinibbana) dalam hidupnya. Jadi jelas lah jika sakit, tua dan mati bukanlah sebab dari penderitaan karena Buddha tidak menderita karena sakit, tua dan mati.

Jika sakit itu menderita namun bukan sebab dari penderitaan, lalu apa yang menyebabkan kita menderita saat sakit? Apa yang menyebabkan kita menderita saat tua dan mati? Sakit, tua dan mati hanyalah suatu bentu aksi. Reaksi pikiran kita terhadap sakit, tua dan mati itulah yang menyebabkan kita menderita.

Agar lebih jelas mengenai sakit, tua dan mati bukanlah sebab penderitaan, silakan anda menyimak langsung ceramah dari Bhante Sri Pannavaro Mahathera yang dibawakan saat perayaan Asadha 2014 di Vihara Pluit Dharma Sukha lihat SELENGKAPNYA

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.