Melihat Wisata Pagoda di Taman Lumbini, Berastagi

Melihat Wisata Pagoda di Taman Lumbini, Berastagi
Melihat Wisata Pagoda di Taman Lumbini, Berastagi

Melihat Wisata Pagoda di Taman Lumbini, Berastagi

Melihat Wisata Pagoda di Taman Lumbini, Berastagi

Berbicara tentang wisata buddhis di Indonesia tentunya akan sangat banyak sekali dan tidak kalah keren dari luar negeri. Hampir disetiap pulau, kota dan tersebar hampir disemua wilayah di NKRI ini. Namun pada kesempatan ini kita akan sedikit mengulas salah satu tempat wisata sekaligus ibadah Pagoda di Taman Lumbini, Berastagi.

Pagoda Taman Lumbini ini bernuansa Tiongkok dan merupakan salah satu tempat ibadah umat Buddha dan sekaligus dibuka umum sebagai sarana icon tempat wisata yang terletak di Desa Tongkoh, Kecematan Dolat Rakyat, Sumatera Utara.

Namun terkadang kita kerap kali susah membedakan antara Klenteng, Vihara dan Pagoda. Dikutip dari Wikipedia, vihara merupakan tempat ibadah umat Buddha. Sedangkan Klenteng adalah rumah ibadah penganut Taoisme maupun konfuciusisme dan Pagoda merupakan kuil yang memiliki atap bertumpuk bergaya seperti gunung.

Melihat Wisata Pagoda di Taman Lumbini, Berastagi

Bangunan Pagoda Taman Lumbini ini masuk kategori tertinggi ke 3 di dunia diantaranya bangunan sejenis berada diluar Myanmar. Kepopuleran Pagoda ini memang kalah dari Candi Borobudur, mungkin belum banyak orang mengetahui keberadaan pagoda yang megah ini. Namun Pagoda yang terletak diatas bukit Berastagi ini Sumatera Utara ini merupakan Pagoda termegah di Indonesia.

Warna cat kuning emas melapisi bangunan Pagoda memberikan kesan megah dan indah. Namun siapa sangka Pagoda ini mirip dengan banget dengan Pagoda Shwedagon di Myanmar, untuk lebih jelasnya lihat foto dibawah ini sebebarapa mirip kah?

Pagoda Shwedagon di Myanmar

Pagoda Taman Lumbini ini juga menyimpan banyak relik yang merupakan sisa abu pembakaran orang Sui yang disimpan diatas Pagoda. Untuk masuk ketempat ini tidak dipungut biaya namum pihak pengelolah akan menerima dengan lapang dada sumbangan dari para donatur untuk pemeliharaan dan perawatan Pagoda ini.

Sekian informasi singkat seputar Wisata Pagoda di Taman Lumbini, Berastagi, dilain kesempatan kita akan melihat tempat-tempat wisata buddhis lainnya.

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.