Makna Lampion Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Harapan

Makna Lampion Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Harapan
Makna Lampion Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Harapan

Makna Lampion Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Harapan

Makna Lampion Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Harapan

Lampion - Perayaan Tahun Baru Imlek selalu identik dengan ornamen berwarna merah, seakan tidak bisa dipisahkan dan sudah menjadi tradisi yang terus berkelanjutan setiap tahunnya. Menurut sejarah, diperkirakan tradisi memasang lampion sudah ada di daratan Cina sejak era Dinasti Xi Han, sekitar abad ke-3 masehi.

Munculnya lampion hampir bersamaan dengan dikenalnya tehnik pembuatan kertas. Lampion pada masa-masa awal memang diduga telah menggunakan bahan kertas, selain juga kulit hewan dan kain. Lampion mulai diidentikkan sebagai simbol perayaan Tahun Baru dalam penanggalan Tionghoa pada masa Dinasti Ming.

Maka tidak heran ketika menjelang perayaan Imlek klenteng akan mulai rapih menghias berbagai ornamen salah satunya memasang lampion ini. Dibawah lampion terdapat secarik kertas nama keberadaan lampion ini akan terus dipasang sepanjang tahun dan akan diganti menjelang pergantian tahun lagi.

Umat yang ingin memasang lampion ini biasanya langsung datang ke klenteng dan biasanya harga pemasangan lampion ini kisaran 500.000 bahkan ada yang sampai jutaan, namun itu semua tidak wajib. Ada pula yang memasang lilin dll.

Baca juga: Jelang Imlek 2018, Sekitar 700 Lampion Menghiasi Vihara Nimmala

Lampion merupakan simbol kebahagian dan harapan ditahun tersebut seperti keberuntungan, rezeki dan sepanjang tahun ini semoga jalan kita selalu diterangi. Legenda klasik juga menggambarkan lampion sebagai pengusir kekuatan jahat angkara murka yang disimbolkan dengan raksasa bernama Nian. Memasang lampion di tiap rumah juga dipercaya menghindarkan penghuninya dari ancaman kejahatan.

Sekian informasi tentang Makna Lampion Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Harapan, semoga informasi bermanfaat Anda juga dapat melihat artikel selanjutnya tentang Makna Simbol Naga Pada Klenteng yang sudah terlebih dahulu diposting.

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.