Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Merayakan Tahun Baru Imlek

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Merayakan Tahun Baru Imlek
Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Merayakan Tahun Baru Imlek

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Merayakan Tahun Baru Imlek

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Merayakan Tahun Baru Imlek

Buddha.id - Beberapa hari ini saya senang sekali menulis informasi tentang Imlek, mungkin karena sebentar lagi kita akan menyambut Imlek 2018 yang tinggal menghitung hari. Tentunya banyak sekali harapan-harapan yang kita ingin capai pada tahun ini dan berharap nasib baik mengikuti kita sepanjang tahun 2018 ini.

Sebelumnya kita sudah melihat Makanan Biasa Yang Tersaji Pada Saat IMLEK, buat teman-teman yang belum membacanya silahkan baca terlebih dahulu.

Seperti kita ketahui budaya Tionghoa bisa dikatakan banyak sekali peraturan-peraturan tentang bagaimana kita harus melakukannya. Hari pertama imlek Masyarakat Tionghoa biasanya beranggapan bahwa itu merupakan awal mulanya nasib dan keberuntungan pada tahun yang bersangkutan sehingga banyak sekali larangan/pantangan dalamperayaan tahun baru imlek.

Larangan dan pantangan ini boleh percaya atau tidak tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Berikut ini Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Merayakan Tahun Baru Imlek dalam budaya Tionghoa.

1. MINUM OBAT

Orang yang minum obat dihari pertama Imlek itu tidak diperbolehkan, konon jika itu dilakukan orang tersebut akan sakit sepanjang tahun.

2. MENCUCI PAKAIAN

Biasanya orang Tionghoa tidak akan mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua saat Imlek. Karena dua hari pertama di tahun baru merupakan perayaan lahirnya Shuishen (Dewa Air). Selain itu, mencuci pakaian juga dianggap menghilangkan keberuntungan yang sudah mereka dapatkan sepanjang tahun yang sudah lewat.

3. MENCUCI RAMBUT

Ini sebenarnya pantangan yang agak sulit namun tetap saja mencuci rambut saat perayaan hari pertama ini tidakboleh dilakukan. Orang yang mencuci rambut pada hari pertama dianggap dapat menghilangkan keberuntungan.

4. JANGAN MENGGUNAKAN BENDA TAJAM

Pisau dan gunting sangat dilarang untuk digunakan untuk menghindari kecelakaan. Kecelakaan merupakan tanda kesialan bagi orang Tionghoa. Jika terjadi kecelakaan awal tahun baru bisa jadi tanda ketidak beruntungan di sepanjang tahun ini.

5. WANITA KELUAR RUMAH

Seorang wanita sebaiknya tidak meninggalkan rumahnya. Jika melanggar, dia akan tertimpa nasib buruk sepanjang tahun. Seorang anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan mengunjungi rumah orang tuanya karena hal itu dipercaya bisa membawa nasib buruk bagi kedua orang tuanya.

6. MEMBERSIHAKAN RUMAH

Orang Tionghoa tidak akan menyapu rumahnya pada awal tahun baru. Membersihkan rumah menggunakan sapu dipercaya akan menyapu rezeki sepanjang tahun. Oleh karena itulah mereka tidak akan menyapu pada hari pertama tahun baru.

7. HUTANG

Orang Tionghoa tidak akan memberikan pinjaman uang pada hari pertama tahun baru. Dan semua utang seharusnya sudah dibayar menjelang perayaan tahun baru. Jika seseorang meminjam uang kepada Anda tahun lalu, jangan pergi ke rumahnya untuk menagih utang. Orang yang menagih utang pada hari pertama tahun baru akan mendapat celaka sepanjang tahun.

Demikanlah ulasan singkat tentang Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Merayakan Tahun Baru Imlek, diatas merupakan sebagian pantangan yang sebenarnya masih banyak lagi. Kamu dapat juga melihat artikel tentang Tradisi Yang Biasa Dilakukan Pada Saat Tahun Baru Imlek. Semoga kita semua mendapatkan berkah berlimpah ditahun ini. Sadhu..3x..!!!

Refrensi: https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/16-pantangan-dalam-merayakan-tahun-baru-imlek

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.