Tahun Baru Semangat Baru Oleh YM. Bhikkhu Khemadhiro

Tahun Baru Semangat Baru Oleh YM. Bhikkhu Khemadhiro
Tahun Baru Semangat Baru Oleh YM. Bhikkhu Khemadhiro

Tahun Baru Semangat Baru Oleh YM. Bhikkhu Khemadhiro

Tahun Baru Semangat Baru Oleh YM. Bhikkhu Khemadhiro

Buddha.id - Namo Buddhaya, Tahun Baru Semangat Baru Semangat Meninggalkan Kejahatan Meningkatkan & Mempertahankan Kebajikan.

Seseorang yang meninggalkan perbuatan jahat dan menggantikannya dengan perbuatan baik, maka ia akan menerangi seluruh dunia seperti bulan yang tidak lagi tertutup oleh awan.

Dhammapada – Loka vagga, 173

Masih dalam suasana tahun baru, karena puja bakti pada hari minggu ini adalah minggu pertama di bulan Januari tahun 2018. Tidak terasa satu tahun atau kurang lebih 365 hari sudah kita lewati bersama. Tentunya di tahun yang baru ini kita mengharapkan kehidupan yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Semoga apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita semua yang belum tercapai di tahun 2017 yang lalu, dapat diperoleh di tahun 2018 ini.

Pergantian tahun memang selalu ditunggu-tunggu dan disambut dengan meriah oleh semua orang. Buktinya pada hari ini tanggal 31 Desember di malam pergantian tahun kemarin, semua orang merayakan dan memeriahkannya dengan berbagai macam hiburan, pesta kembang api, dll. Sebenarnya apa yang baru di tahun baru? Tidak lain dan tidak bukan adalah kalender baru (ganti penanggalan baru). Kalau kemarin tanggal 31 Desember 2017, kemudian sekarang ganti kalender baru yaitu dimulai pada tanggal 1 Januari 2018.

Sebagai seorang umat Buddha, bagaimana kita memaknai tahun baru? Kalau dalam dunia dagang atau bisnis, selama satu tahun ada hitung-hitungan untung dan ruginya. Begitu pula kita sebagai umat Buddha, dalam satu tahun yang sudah kita lewati bersama ini hendaknya melakukan perenungan dan perhitungan tentang baik dan buruk dalam berperilaku, berucap dan berpikir.

Jika dalam satu tahun ini banyak perbuatan buruk yang sudah dilakukan, bisa dikatakan ini adalah kerugian, maka hendaknya berusaha untuk mengurangi, meninggalkan, dan jangan sampai mengulanginya lagi. Sebaliknya jika dalam satu tahun ini banyak perbuatan baik yang sudah dilakukan, maka ini adalah merupakan keuntungan, maka hendaknya untuk dipertahankan, dikembangkan, ditingkatkan dan terus dilakukan.

Pada intinya kita harus menjadi lebih bersemangat di tahun yang baru ini untuk meningkatkan kebajikan dan mengurangi kejahatan yang sudah dilakukan. Karena dengan adanya perubahan perilaku, ucapan dan cara berpikir ke arah yang baik dan menjadi lebih baik, maka kita sudah mendapatkan manfaat (keuntungan) menjadi seorang umat Buddha.

Selain bersemangat dalam mempertahankan dan me- ngembangkan kebajikan, kita hendaknya juga mempertahankan dan mengembangkan keberhasilan, keuntungan, dan kebahagiaan yang sudah diperoleh. Seperti misalnya dalam keluarga, jika sudah rukun, harmonis, tidak pernah ada pertengkaran, dan bahagia, maka hendaknya untuk dipertahankan dan dikembangkan lagi supaya lebih harmonis dan bahagia.

Dalam sebuah persahabatan atau pertemanan yang sudah akrab, rukun, dan harmonis, dalam sekolah jika sudah mendapatkan prestasi dan juara, dalam berbisnis atau bekerja jika sudah lancar, untung dan berhasil, maka hendaknya untuk dipertahankan dan dikembangkan supaya lebih berhasil dan sukses.

Selanjutnya dalam melakukan perbuatan baik, apakah kebaikan itu dilakukan lewat perilaku badan jasmani, ucapan dan pikiran. Atau dilakukan dengan cara berdana, membantu dan menghormati orangtua, menjalankan sila, melaksanakan aṭṭhasīla di hari uposatha, rajin bermeditasi, selalu sabar, tidak pernah marah, jujur, melaksanakan puja bakti, membaca paritta, mendengarkan Dhamma, rajin datang ke Vihara, dll. Hendaknya untuk tetap dipertahankan dan dikembangkan supaya lebih rajin dan ber- semangat dalam melakukan perbuatan baik. Jangan sampai hal-hal yang sudah baik menurun dan yang buruk meningkat.

Sesuai dengan pernyataan Buddha kepada para bhikkhu, sebagaimana tertulis dalam Kitab Suci Aṅguttara Nikāya II, ii, 9, yaitu hendaknya seseorang harus berjuang dan berusaha untuk meninggalkan kejahatan dan mengembangkan kebajikan. Karena dengan meninggalkan kejahatan dan mengembangkan kebajikan, maka kebahagiaan akan diperoleh. Pernyataan dalam Sutta yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Lanjutkan Membaca Artikel Ini Langsung Pada Sumbernya: http://tisarana.net/artikel/tahun-baru-semangat-baru-oleh-ym-bhikkhu-khemadhiro/

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.