Pembagian Alam Menurut Agama Buddha

Pembagian Alam Menurut Agama Buddha
Pembagian Alam Menurut Agama Buddha

Pembagian Alam Menurut Agama Buddha

Pembagian Alam Menurut Agama Buddha

Buddha.id - Namo Buddhaya, Sebenarnya ulasan tentang Pembagian Alam Menurut Agama Buddha sudah pernah Admin tulis dengan judul Mengenal 31 Alam Kehidupan Berdasarkan Tingkatan, namun sayangnya pada ulasan tersebut kurang lengkap penjelalannya dan untuk melengkapi artikel sebelumnya kita dapat menyimak uraian dibawah ini.

Setiap agama memiliki cara pandang berbeda mengenai awal dan akhir kehidupan mahkluk yang menghuni alam semesta ini, ada yang berpandangan bahwa bumi ini adalah pusat kehidupan mahkluk dan mengganggap manusia adalalah mahkluk yang paling sempurna dan berhak melakukan apa saja sesuai kebutuhan dan kehendak. Mereka beranggapan bahwa isi seluruh alam semesta ini menjadi milik dan hak mereka, apapun yang dilakukan asal untuk memenuhi kebutuhan manusia dibenarkan, walau menggunakan cara yang tidak benar.

Buddha membagi alam kehidupan mahluk yang berdiam, sangat berbeda dengan ajaran lain. Alam tiada yang kekal, selalu berubah, mengalami pembentukan, proses perubahan (pelapukan) dan timul kembali.

Menurut tingkatnya alam dibagi menjadi 31 Alam kehidupan, namun jika dihitung jumlahnya jumlahnya sangat banyak, sehingga dalam satu tingkatan memiliki jumlah yang banyak bahkan tak dapat dihitung secara logika manusia biasa, walaupun Buddha memiliki kemampuan untuk menghitung secara pasti, namun tidak di babarkan dalam ajaran-Nya, Buddha menganggap hal itu tidak berguna menuju kebahagiaan abadi (Nibbana), hanya akan menimbulkan spekulatif pandangan yang mengakibatkan memiliki pandangan salah.

Namun Buddha tidak menyimpan untuk diri sendiri kemampuan pengetahuan tentang tingkat, jumlah dan cara pencapaian alam-alam tersebut, Buddha membabarkan ajaran-Nya sehingga para siswa Buddha dapat menyelaminya sendiri, mengetahui sendiri sesuai Jalan yang telah ditunjukkan-Nya. Berikut tabel alam-alam tersebut:

Anda dapat melanjutkan artikel lengkapnya Pembagian Alam Menurut Agama Buddha pada LINK INI. Semoga informasi bermanfaat. SalamMetta..!!!

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Update : Cetakan Sutra Sebab Akibat Jild 5 Telah di Buka Pada 18/06/2018. Selengkapnya Bisa Lihat Disini. Salam Metta _/|\_ premium

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.