Sebagai Anak Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua

Sebagai Anak Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua
Sebagai Anak Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua

Sebagai Anak Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua

Sebagai Anak Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua

Buddha.id - Namo Buddhaya, pernahkah kalian mendengar istilah ini: "Jika orang tua kaya anak akan menjadi Raja, namun jika anak kaya orang tua menjadi babu", kata-kata ini sering kali saya dengar dan faktanya memang ada juga yang seperti sedemikian rupa. Namun kita sebagai anak jangan sampai memperlakukan orang tua kita seperti itu.

Dalam Mangala Sutta disebutkan bahwa menyokong ayah dan ibu merupakan suatu berkah utama. Kunyatakan, Oh para bhikkhu, ada dua orang yang tidak pernah dapat dibalas budinya oleh seseorang. Apakah yang dua itu? Ibu dan Ayah.

Bahkan seandainya saja seseorang memikul ibunya ke mana-mana di satu bahunya dan memikul ayahnya di bahu yang lain, dan ketika melakukan ini dia hidup seratus tahun, mencapai usia seratus tahun; dan seandainya saja dia melayani ibu dan ayahnya dengan meminyaki mereka, memijit, memandikan, dan menggosok kaki tangan mereka, serta membersihkan kotoran mereka di sana bahkan perbuatan itupun belum cukup, dia belum dapat membalas budi ibu dan ayahnya.

Bahkan seandainya saja dia mengangkat orang tuanya sebagai raja dan penguasa besar di bumi ini, yang sangat kaya dalam tujuh macam harta, dia belum berbuat cukup untuk mereka, dia belum dapat membalas budi mereka. Apakah alasan untuk hal ini? Orang tua berbuat banyak untuk anak mereka: mereka membesarkannya, memberi makan dan membimbingnya melalui dunia ini.

Satu Ibu Bisa Menghidupi Sepuluh Anaknya, Tapi Sepuluh Orang Anak Belum Tentu Dapat Membahagiakan Satu Orang Ibu.

Baca juga: Kasih Ibu: Oleh Bhikkhu Sri Pannavaro

Sebagai Anak Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua itu sudah menjadi keharusan dan tidak bisa ditawar lagi, kita yang masih muda dan sehat hendaknya mencoba berusaha untuk lebih memperhatikan lagi orang tua  kita yang mungkin saat ini sudah benar-benar tua renta.

Video youtube animasi dibawah ini yang berjudul"Sutra Bakti Anak Kepada Orang Tua", semoga membawa manfaat untuk kita semua agar lebih menyayangi orang tua kita. Salam Metta❤

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.

"Namo Buddhaya..."

Terima kasih atas dukungan yang diberikan selama ini untuk situs Buddha.id.

Semoga Sang Tiratana selalu melimpahkan berkah kesejahteraan, rejeki dan kesuksesan Untuk Kita Semua
"Sadhu..Sadhu..Sadhu...".

×