Vihara Dhanagun, Vihara Tertua di Bogor

Vihara Dhanagun, Vihara Tertua di Bogor
Vihara Dhanagun, Vihara Tertua di Bogor

Vihara Dhanagun, Vihara Tertua di Bogor

Vihara Dhanagun, Vihara Tertua di Bogor

Buddha.id - Namo Buddhaya, bagi kamu yang berdomisili di kota Bogor mungkin sudah tidak asing dengan vihara yang satu ini, Vihara Dhanagun vihara yang dikenal sebagai vihara tertua di kota Bogor. Bangunannya masih kokoh berdiri hingga sekarang, dipercaya vihara ini usianya sudah mencapai 300 tahun lebih.

Menurut informasi, Vihara Dhanagun dibangun pada 1672, saat etnis Tionghoa pertama kali mulai mendiami Kota Bogor. Namun, ada pula yang menyebut vihara ini dibangun pada awal abad ke-18, saat mereka bereksodus dari Batavia menuju Bogor akibat tindakan represif penjajah Belanda.

Meski pada beberapa literatur ada pertentangan, tapi umur vihara ini dipercaya sudah 3 abad lebih. Vihara Dhanagun terletak di Jl Suryakencana No 1, Bogor. Saya sendiri baru mengetahui vihara ini dari seorang dermawan yang berdana kitab KOO ONG KUAN SEE IEM KENG ke vihara ini dan saya membantu proses pengirimannya.

Luas vihara ini mencapai 635 meter persegi dan setiap akhir pekan Vihara Dhanagun selalu ramai dikunjungi orang-orang yang ingin beribadah, namun dihari biasapun selalu saja ada orang yang datang berkunjung untuk berdoa kepada Dewa-Dewa.

Vihara Dhanagun, Vihara Tertua di Bogor

Begitu masuk ke kawasan vihara, traveler akan disambut dua patung singa yang duduk di sisi kanan dan kiri. Kedua patung ini bersanding dengan dua tungku pembakaran hio, tepat di pintu masuk vihara dan di papan itu juga tertulis, "Setiap perayaan Imlek dan Cap Go Meh biasanyanya menggelat kesenian Tionghoa seperti Barong Sai dan Liong (naga)".

Vihara Dhanagun, Vihara Tertua di Bogor

Dari segi arsitektur bentuk bangunanya bergaya khas China seperti pada umumnya, mungkin dilain waktu saya akan berkunjung ke Vihara Dhanagun, Vihara Tertua di Bogor ini. Salam Metta ☺

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Karena tidak semua pertanyaan bisa saya jawab. Untuk itu mari bergabung dengan Forum Diskusi dari situs Buddha.id agar kita semua dapat bertukar pikiran serta berbagi pengetahuan kepada teman-teman lainnya Gabung Forum. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.

"Namo Buddhaya..."

Terima kasih atas dukungan yang diberikan selama ini untuk situs Buddha.id.

Semoga Sang Tiratana selalu melimpahkan berkah kesejahteraan, rejeki dan kesuksesan Untuk Kita Semua
"Sadhu..Sadhu..Sadhu...".

×