Vihara Nimmala di Tangerang Pasar Baru (Boen San Bio)

Vihara Nimmala di Tangerang Pasar Baru (Boen San Bio)
Vihara Nimmala di Tangerang Pasar Baru (Boen San Bio)

Vihara Nimmala di Tangerang Pasar Baru (Boen San Bio)

Vihara Nimmala di Tangerang Pasar Baru

Buddha.id - Vihara Nimmala atau yang juga dikenal dengan sebutan klenteng Boen San Bio merupakan salah satu tempat ibadah unik megah dan salah satu dari 3 klenteng tertua dikota Tangerang dua diantaranya yaitu Boen Tek Bio dan Boen Hay Bio.

Klenteng ini merupakan tempat ibadah Tri Dharma (sering disingkat TITD) yang dipergunakan sebagai tempat bersembahyang bagi para penganut agama Kong Hu Cu, Tao dan Buddha (Mahayana) yang terletak di Jl. KS Tubun No. 43 RT. 01 RW. 03, Koang Jaya, Ps. Baru, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15112.

Klenteng Boen San Bio ini dibangun pada tahun 1689 oleh seorang pedagang asal Tiongkok yang bernama Lim Tau Koen. Pembangunan klenteng ini dimaksudkan untuk menempatkan patung Kim Sin Khongco Hok Tek Tjeng Sin yang berasal dari Banten. Bangunan awalnya berasal dari bambu dan kayu berupa dinding anyaman bambu, adapun atap dari daun rumbia. Ukuran bangunan pada awalnya tidak seluas sekarang.

Pada halaman samping klenteng ini terdapat space tanah kosong yang sangat luas dan bisa dipergunakan untuk menampung parkir kendaran dan terkadang juga dipergunakan untuk event-event panggung setip kali ada acara. Lebih jelasanya kita lihat Potret Vihara Nimmala (Boen San Bio) Dari Berbagai Sudut ini.

Bagian depan bangunan digunakan sebagai ruangan pemujaan. Pada ruang pemujaan ini dewa yang diutamakan adalah Dewa Bumi (Khongco Hok Tek Jeng Sin). Pada sisi kanan kiri ruang pemujaan utama terdapat ruang pemujaan dewa-dewa dan leluhur. Serta bagian belakang terdapat taman yang tidak begitu luas namun mempunyai view yang indah dan sering digunakan untuk foto-foto.

Pengunjung yang datang kesini tidak hanya berasal dari kota Tangerang saja, dari luar kota juga sangat banyak yang berkunjung ketempat ini. Apalagi jika sedang ada acara perayaan dll maka klenteng ini akan sangat ramai sekali.

Buat teman-teman dimanapun kalian berada dan belum pernah berkunjung ketempat ini, jika ada kesempatan serta waktu luang bisa coba datang ke Boen San Bio ini.

Your Reactions:

Bila berkenan, Anda juga bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal atau bisa juga Memberi Donasi

Update : Cetakan Sutra Sebab Akibat Jild 5 Telah di Buka Pada 18/06/2018. Selengkapnya Bisa Lihat Disini. Salam Metta _/|\_ premium

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.