Empat Macam Kebahagiaan

Empat Macam Kebahagiaan
Empat Macam Kebahagiaan

Empat Macam Kebahagiaan

Donasi
Empat Macam Kebahagiaan

Buddha.id - Namo Buddhaya, hallo teman-teman apa kabar? semoga semua dalam keadaan baik dan tentunya sehat selalu. Pada kesempatan yang baik ini kita akan mengetahui Empat Macam Kebahagiaan yang dibabarkan oleh Sang Buddha kepada Anathapindika yang terdapat dalam Anguttara Nikaya, Suttanta Pitaka.

Sebelum kita melihat uraian "Empat Macam Kebahagiaan" ini ada baiknya kita membuka kembali halaman sebelumnya tentang Satu Menit Bersama Bhikkhu Sri Pannavaro (bagi yang belum melihat)

1. Atti Sukkha

Merasa puas dengan apa yang dimiliki adalah kebahagiaan, jadi berusahalah merasa puas dengan apapun yang anda miliki. Beberapa orang merasa selalu kurang puas dengan apa yang sudah ia miliki, mungkin ia merasa rumahnya sederhana lalu menggantinya dengan rumah yang mewah, lalu melihat TV nya yang sudah lama dan menggantinya dengan yang baru meski TV yang lama masih bisa dipakai.
Jika anda merasa cukup uang, hal ini bukan masalah tapi masalahnya bagaimana jika anda tidak cukup???. Anda berhutang, dan karena anda berhutang itu anda harus bekerja lebih keras lagi untuk membayar hutang tersebut. Hal ini sangat melelahkan, jadi BERUSAHALAH PUAS DENGAN YANG ANDA MILIKI.

2. Pariboga Sukkha

Menggunakan dan memakai apa yang kita miliki adalah kebahagiaan. Jika anda tidak menggunakan apa yang kita miliki bagaimana kita merasa bahagia??. Sebagian orang yang sibuk tidak memiliki waktu untuk sekedar menonton TV yang dimiliki, atau duduk di sofa sambil menikmati malam bersama keluarga, atau sekedar mellihat pekarangan rumah yang cukup indah dengan
bunga-bunga yang ditanam. Pulang bekerja langsung tidur karena merasa kelelahan bekerja lebih keras demi membayar hutang. Kita tidak sempat menikmati apa yang sudah kita miliki, bagaimana kita bisa merasa bahagia??

3. Ananneya Sukkha

Tidak mempunyai hutang adalah kebahagiaan. Meminjam uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting atau membeli barang dengan cara kredit akan membuat anda merasa pusing saat membayarnya. Pada tahun 1999 Sayadaw memberikan ceramah ini di Amerika dan semua orang mentertawakannya karena disana hampir semua orang berhutang. Tetapi sekarang karena ada krisis finansial, ceramah Sayadaw telah terbukti bahwa mereka yang berhutang akan merasa terbebani dengan hutang tersebut.

4. Anavaja Sukkha

Yakni kebahagiaan yang timbul karena terrbebas dari kejahatan (perbuatan jahat, pikiran jahat, ucapan jahat).Kebahagiaan ini berhubungan dengan pelaksanaan Pancasila Buddhis, dan lebih jauh lagi pengembangan tiga tahap dari Sila (Moralitas), Samadhi (Konsentrasi) dan Panna (Kebijaksanaan).

Sumber: http://viharadhammasasana.blogspot.co.id/2009/06/empat-macam-kebahagiaan.html

Your Reactions:

Info Buddhis : Cetakan Sutra Sebab Akibat Jilid 3 Telah Dibuka. Semoga Percetakan TERAKHIR Pada Tahun 2017 Ini Berjalan Dengan. Jika Ada Kesalahan Dalam Penulisan Nama Penyumbang Segera Beritahu Admin Sebelum Buku Tercetak. _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.