Makna Simbol Naga Pada Klenteng

Makna Simbol Naga Pada Klenteng
Makna Simbol Naga Pada Klenteng

Makna Simbol Naga Pada Klenteng

Donasi
Makna Simbol Naga Pada Klenteng

Buddha.id - Namo Buddhaya, tentunya sahabat semua sudah tidak asing dengan klenteng yang merupakan tempat ibadah umat TRIDHARMA dimana setiap bangunan klenteng senantiasa memiliki keunikan sendiri yang sulit untuk digambarkan dengan kata-kata, atribut-atribut unik tersebut senantiasa memiliki arti/makna tertentu, baik tulisan, relief, hiasan, warna, serta gambar-gambar tertentu yang memiliki arti tersendiri bagi umatnya.

Dalam sebuah klenteng sebenarnya tidak hanya terdapat simbol Naga saja tetapi ada juga Harimau, Kura-kura, Burung Hong dan sepasang  Singa Kilin, tapi disini kita tidak akan mengulas satu-persatu makna-makan simbol tersebut. Mungkin ditulisan selanjutnya kita akan mengulas detail makna-makna tersebut.

Naga merupakan makhluk mitos yang diyakini dengan cara yang berbeda di berbagai belahan dunia. Belum ada sebuah kepastian terkait kemunculan makhluk mitos ini. Namun, Naga telah dikenal oleh masyarakat, bahkan sejak 5000 tahun silam, khususnya di China.

Baca juga: Klenteng Poncowinatan di Yogyakarta

Bagi masyarakat China, Naga merupakan salah satu dari empat makhluk spiritual yang mendapatkan penghormatan tertinggi. Empat makhluk tersebut yakni Phoenix, Qilin, Naga, dan Kura-Kura (seperti yang disebutkan diatas). Namun, diantara keempat tersebut, naga adalah makhluk yang dianggap paling perkasa.

Sosok Naga banyak ditampilkan dalam ornamen-ornamen berciri khas Tiongkok, seperti di dalam bangunan Klenteng, ukiran/pahatan patung, gambar lukisan, dan sebagainya dengan corak dominan warna merah keemasan. Alasannya, karena sosok “Naga” ini bisa dianggap sebagai lambang “kekuatan” dan “kepemimpinan”

Jadi simbol Naga yang ada pada klenteng merupakan sebuah lambang kekuatan dan kepemimpinan. Sekian ulasan singkat tentang Makna Simbol Naga Pada Klenteng. Semoga infromasi bermanfaat dan jika teman-teman punya pandangan lain silahkan berikan komentar dibawah ini. Salam Metta.!!!

Your Reactions:

Info Buddhis : Cetakan paritta jilid 6 resmi kami tutup per 10/10/2017. Terima kasih atas partisipasinya, akan kami update kembali setelah paritta selesai cetak. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kontak pada menu di atas.