Klenteng Sam Po Kong di Semarang

Klenteng Sam Po Kong di Semarang
Klenteng Sam Po Kong di Semarang

Klenteng Sam Po Kong di Semarang

Donasi
Klenteng Sam Po Kong di Semarang

Buddha.id - Namo Buddhaya, tentunya sudah sangat tidak asing bagi teman-teman semua bukan? klenteng Sam Po Kong ini sangat terkenal sekali, namun sayangnya saya sendiri belum pernah berkunjung kesana hanya bisa melihat lewat internet. Tapi dilain kesempatan jika ada liburan panjang mungkin saya akan pergi ketempat ini.

Klenteng Sam Po Kong selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Gedong Batu. Ada yang mengatakan nama ini dipakai karena asal mula tempat ini adalah sebuah gua batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Tetapi ada sebagian orang yang mengatakan bahwa sebenarnya asal kata yang benar adalah Kedong Batu, alias tumpukan batu-batu alam yang digunakan untuk membendung aliran sungai.

Di dalam komplek sekitar klenteng ada empat tempat pemujaan (Kyai Juru Mudi, Kayai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng), serta juga ada Klenteng Tho Tee Kong.

Bentuk bangunan klenteng merupakan bangunan tunggal beratap susun. Berbeda dengan tipe klenteng yang lain, klenteng ini tidak memiliki serambi yang terpisah. Pada bagian tengah terdapat ruang pemujaan Sam Po.

Klenteng Sam Po Kong di Semarang

Menurut cerita, pada awal abad ke-15 Laksamana Zheng He sedang mengadakan pelayaran menyusuri pantai laut Jawa dan sampai pada sebuah semenanjung. Karena ada awak kapal yang sakit, ia memerintahkan mendarat dengan menyusuri sebuah sungai yang sekarang dikenal dengan sungai Kaligarang. Ia mendarat disebuah desa bernama Simongan.

Setelah sampai didaratan, ia menemukan sebuah gua batu dan dipergunakan untuk tempat bersemedi dan bersembahyang. Zeng He memutuskan menetap untuk sementara waktu ditempat tersebut. Sedangkan awak kapalnya yang sakit dirawat dan diberi obat dari ramuan dedaunan yang ada disekitar tempat itu.

Klenteng Sam Po Kong di Semarang

Untuk lokasi alamat klenteng ini berada disebuah tempat yang cukup strategis dikota Semarang, tepatnya di Sam Poo Kong, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148, Indonesia.

Menurut informasinya untuk masuk ke klenteng ini kita akan dikenakan tiket biaya masuk, namun tenang saja tidak akan menguras kantong sebab tarif tiket yang ditetapkan tidaklah mahal.

Demikian informasi tentang Klenteng Sam Po Kong di Semarang, semoga informasi bermanfaat dan jika ada waktu dan kesempatan kita bisa berkunjung kesana. Salam Metta..!!

Baca juga: Kumpulan Nama dan Alamat Vihara di Kalimantan Barat

Your Reactions:

Info Buddhis : Cetakan paritta jilid 6 resmi kami tutup per 10/10/2017. Terima kasih atas partisipasinya, akan kami update kembali setelah paritta selesai cetak. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kontak pada menu di atas.