Sutra Bakti Anak Terhadap Orang Tua

Sutra Bakti Anak Terhadap Orang Tua
Sutra Bakti Anak Terhadap Orang Tua

Sutra Bakti Anak Terhadap Orang Tua

Donasi
Sutra Bakti Anak Terhadap Orang Tua

Buddha.id - Namo Buddhaya, topik artikel ini sungguh sangat menarik dan sayang sekali jika teman-teman melewatkannya begitu saja. Artikel sebelumnya kita sudah melihat Sebagai Anak Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua dan bisa dibilang ini lanjutan dari artikel-artikel terkait tentang bagaimana membalas budi orang tua.

Dalam Mangala Sutta disebutkan bahwa menyokong ayah dan ibu merupakan suatu berkah utama. Kunyatakan, Oh para bhikkhu, ada dua orang yang tidak pernah dapat dibalas budinya oleh seseorang. Apakah yang dua itu? Ibu dan Ayah dan dalam Angguttara Nikaya Bab IV ayat 2, Sang Buddha juga memberikan petunjuk mengenai cara terbaik untuk membalas budi dan jasa kebaikan orang tuanya, yaitu sebagai berikut :

Apabila anak dapat mendorong orangtuanya yang belum mempunyai keyakinan terhadap Tiratana (Buddha, Dhamma, dan Sangha), sehingga mempunyai keyakinan kepada Tiratana; apabila anak dapat membuka mata hati orangtua untuk hidup sesuai dengan Dhamma, membimbing mereka untuk memupuk kamma baik, berdana, melaksanakan sila, mendorong mereka mengembangkan kebijaksanaan, maka anak tersebut dapat membalas budi dan jasa-jasa kebaikan orangtuanya.

Sesungguhnya, dengan berbuat demikian, selain anak tersebut telah membalas jasa-jasa orangtuanya, ia juga telah menumpuk karma-karma baik bagi dirinya sendiri.

Untuk lebih jelas kita dapat menonton cuplikan animasi Sutra Bakti Anak Terhadap Orang Tua dari Youtube dibawah ini:


Your Reactions:

Info Buddhis : Cetakan Sutra Sebab Akibat Jilid 3 Telah Dibuka. Semoga Percetakan TERAKHIR Pada Tahun 2017 Ini Berjalan Dengan. Jika Ada Kesalahan Dalam Penulisan Nama Penyumbang Segera Beritahu Admin Sebelum Buku Tercetak. _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.