Penyebab Meditasi Tidak Berhasil

Penyebab Meditasi Tidak Berhasil
Penyebab Meditasi Tidak Berhasil

Penyebab Meditasi Tidak Berhasil

Donasi
Penyebab Meditasi Tidak Berhasil

Buddha.id - Namo Buddhaya, topik tentang meditasi sebenarnya sudah pernah kita lihat dalam postingan sebelumnya DISINI, namun pada kesempatan yang baik ini kita akan kembali menyimak tentang topik meditasi oleh Ven Ajahn Brahm - Penyebab Meditasi Tidak Berhasil.

Penyebab Meditasi Tidak Berhasil ini saya share kembali dari sumber utama Facebooknya Dhamma Kehidupan, dan saya bagikan kembali disini tentunya dengan harapan semoga dapat memperoleh manfaat, wawasan yang lebih luas tentang meditasi ini.

PENYEBAB MEDITASI TIDAK BERHASIL - Ven Ajahn Brahm.


Jika pikiran Anda sangat aktif dan banyak berpikir, Anda dapat melakukan menghancurkan semua gagasan mengenai siapa Anda ini, mengenai 'diri' Anda, jangan melekati reputasi Anda, dari mana Anda berasal dan anggapan Anda tentang diri Anda. Anda memikirkan sebuah batu nisan bagi tubuh ini, dengan nama Anda yang menandai siapakah diri Anda sebagai sebuah latihan imajiner di dalam meditasi Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghindari Pengaruh Roh Halus, Setan Dalam Bermeditasi?

Berdayakanlah pemikiran pemikiran itu. Jika Anda akan berpikir, mari kita menfaatkan hal itu. Jika Anda tidak dapat mengalahkan mereka, bergabunglah dengan mereka. Mulailah membayangkan diri Anda sebagai sebuah batu nisan yang hancur berserakan.

Masa lalu Anda lenyap bagai selembar kertas yang tersobek dari sebuah diari, terbakar jadi abu, dan dibuang ke empat penjuru angin - jadi Anda tidak memiliki catatan mengenai pencapaian ketika Anda masih hidup, tentang segala hal yang telah Anda perjuangkan dan kerjakan.

Mereka semua telah berlalu. Pikirkan tentang semua urusan pencapaian dalam meditasi Anda, mencoba untuk berada di satu tataran. Apakah yang Anda mau buktikan? Bagi para meditator, begitu banyak meditasi datang dari suatu 'diri', dari 'ego', ingin memecahkannya, ingin meraih jhana, ingin mendapat magga-phala (buah dari Jalan Mulia Berfaktor Delapan).

Penyebab meditasi tidak berhasil adalah karena Anda sendiri, Andalah yang 'melakukan' hal itu. Itu hanyalah satu hal lain lagi yang ingin Anda capai di dunia ini. Hanya pencapaian sebuah 'ego', mendali lain yang dapat Anda sematkan di dada ego, itulah semuanya - itulah sebabnya mengapa meditasi Anda tidak mencapai hasil.

Jadi mengapa Anda tidak meninggalkan keinginan semua perolehan itu, meninggalkan diri yang mengingin semua hal itu, karena pada akhirnya tidak seornag pun yang akan mengingat Anda. Anda akan menghilang dan memudar untuk selamanya - jadi mengapa tidak melakukannya sekarang?

Your Reactions:

Info Buddhis : Cetakan paritta jilid 6 resmi kami tutup per 10/10/2017. Terima kasih atas partisipasinya, akan kami update kembali setelah paritta selesai cetak. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kontak pada menu di atas.