Makna Lambang-Lambang Yang Terdapat Pada Altar Dalam Agama Buddha

Makna Lambang-Lambang Yang Terdapat Pada Altar Dalam Agama Buddha
Makna Lambang-Lambang Yang Terdapat Pada Altar Dalam Agama Buddha

Makna Lambang-Lambang Yang Terdapat Pada Altar Dalam Agama Buddha

Donasi
Makna Lambang-Lambang Yang Terdapat Pada Altar Dalam Agama Buddha

Buddha.id - Namo Buddhaya, Makna Lambang-Lambang Yang Terdapat Pada Altar Dalam Agama Buddha, tentunya sudah tidak asing bagi teman-teman seDhamma semua. Kita sering kali melihat pada saat acara kebaktian dan pasti selalu saja ada.

Namun dibalik itu semua, apakah kita sudah mengetahui maknanya? bagi teman-teman yang belum mengetahuinya mari bersama kita lihat pada post kali ini tentang Makna Lambang-Lambang Yang Terdapat Pada Altar Dalam Agama Buddha yang Buddha.id rangkum dari blog http://pak-diyon.blogspot.co.id sbb:

Buddha Rupang

Yang pertama adalah Buddha Rupang yang merupakan simbol dari ketenangan batin seseorang. Buddha rupang bukan berhala yang harus disembah oleh umat Buddha, namun Buddha rupang adalah simbol dari ketenangan batin.

Bungah

Bungah ini merupakan simbol dari ketidak-kekalan. Bunga segar yang diletakkan di altar setelah berganti waktu dan hari akan menjadi layu. Begitu pula dengan badan jasmani kita, suatu waktu kelak pasti akan menjadi tua, sakit, lapuk akhirnya meninggal dunia.

Lilin

Simbol dari cahaya atau penerangan batin yang akan melenyapkan kegelapan batin dan mengusir ketidaktahuan (avijja)

Air

Simbol dari kerendahan hati. Dikatakan demikian karena air selalu mencari tempat yang lebih rendah dimanapun mengalir. Sifat air adalah :

  • Dapat membersihkan noda
  • Menjadi sumber kehidupan makhluk
  • Dapat menyesuaikan diri dengan semua keadaan
  • Selalu mencari tempat yang lebih rendah

Meskipun kelihatannya lemah, tetapi dalam keadaan tertentu dapat bangkit menjadi tempat yang dahsyat (misal banjir, sunami, dll)

Dupa

Simbol dari keharuman nama baik seseorang. Bau wangi dupa yang dibawa angin akan tercium di tempat yang jauh, namum tidak dapat tercium di tempat yang berlawanan dengan arah angin. Begitu juga dengan perbuatan manusia yang baik akan diketahui oleh banyak orang, tetapi perbuatan tidak baik dimanapun berada juga akan diketahui oleh orang lain.

Sekian informasi tentang Makna Lambang-Lambang Yang Terdapat Pada Altar Dalam Agama Buddha pada umumnya semoga informasi membawa manfaat bagi kita semua. Salam metta..!!

Your Reactions:

Info Buddhis : Cetakan Sutra Sebab Akibat Jilid 3 Telah Dibuka. Semoga Percetakan TERAKHIR Pada Tahun 2017 Ini Berjalan Dengan. Jika Ada Kesalahan Dalam Penulisan Nama Penyumbang Segera Beritahu Admin Sebelum Buku Tercetak. _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silahkan kontak pada menu di atas.