Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau Pilihan, Oleh Romo Kresno Budoyo

Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau Pilihan, Oleh Romo Kresno Budoyo

22 Juli 2017

Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau Pilihan, Oleh Romo Kresno Budoyo

Paritta Suci
Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau Pilihan, Oleh Romo Kresno Budoyo

Buddha.id - Namo Buddhaya, pada pembahasan yang lalu kita sudah melihat artikil tentang Perumpamaan Tentang Berdana, bagi tema-teman yang belum membacanya ada baiknya membacanya terlebih dahulu.

MEMBERI/BERDANA sesuatu adalah bentuk kebaikan yang paling awal, paling mudah dilakukan. Memberi bahkan bisa dilakukan oleh orang yang kejam dan sadis. Seorang pembunuh sekalipun masih bisa memberi suatu kebaikan. Minimal kepada keluarganya sendiri dan kepada teman-temannya. Oleh karena itu, tentu sangat-sangat disayangkan, kalau kita menjadi agak jauh atau tidak senang memberi kebaikan.

Lalu Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau Pilihan?, Semoga ceramah Dhamma dari Romo Kresno Budoyo ini bisa menjadi jawaban dari kebingungan kita selama ini tentang berdana sbb:

Sebenarnya saya agak bingung dengan pertanyaan apakah berdana suatu keharusan atau pilihan. Apa yang dimaksud dengan pilihan dalam pertanyaan diatas. Apakah memilih siapa penerima dana atau memilih antara berdana atau tidak berdana. Meskipun demikian Romo Kresno Budoyo membawakan ceramah Dhamma dengan tema apakah berdana suatu keharusan atau pilihan karena ada yang meminta karena banyak umat yang bertanya apakah berdana suatu keharusan atau pilihan.

Romo Kresno Budoyo dalam ceramah Dhamma ini tidak memberikan secara langsung jawaban atas pertanyaan diatas. Romo Kresno memberikan ulasan mengenai berdana seperti yang telah dikatakan oleh Buddha dalam sutta. Anda diharapkan menyimpulkan sendiri jawaban atas pertanyaan apakah berdana suatu keharusan atau pilihan berdasarkan uraian beliau.

Dalam sepuluh paramita atau sepuluh landasan perbuatan baik, dana menempati urutan pertama. Berdana merupakan kegiatan yang paling mudah di antara sepuluh paramita lainnya. Berdana merupakan langkah awal melaksanakan parami yang lain.

Agar kegiatan berdana anda dapat membawa hasil yang baik, maka ada tiga persyaratan atau kondisi yang harus dipenuhi. Tiga kondisi tersebut adalah sebelum berdana, saat berdana dan sesudah berdana anda harus merasa senang atau gembira. Di ketiga momen tersebut tidak boleh ada keraguan maupun penyesalan atas kegiatan berdana yang akan dan telah dilakukan. Setelah anda selesai berdana jangan lupa untuk menyatakan aspirasi anda.

Romo Kresno Budoyo juga menjelaskan tentang 14 jenis makhluk hidup yang bisa di berikan dana. Dari ke empat belas jenis makhluk tersebut banyak yang sudah sulit atau bahkan tidak mungkin di temui kembali pada saat ini, misalnya seorang Buddha dan Paceka Buddha. Namun demikian ada tiga jenis makhluk yang saat ini masih mudah untuk kita berikan dana.

Agar lebih jelasnya, silakan anda mendengarkan secara langsung ceramah Dhamma dari Romo Kresno Budoyo dalam bentuk Audio yang bisa didownload langsung dari sumbernya DISINI .

Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau Pilihan, Oleh Romo Kresno Budoyo
Bergegaslah berbuat kebajikan, dan kendalikan pikiranmu dari kejahatan; barang siapa lamban berbuat bajik, maka pikirannya akan senang dalam kejahatan. [Dhammapada IX : 116 – Papa Vagga]