Objek Meditasi Yang Tepat Sesuai Kondisi Kita
Objek Meditasi Yang Tepat Sesuai Kondisi Kita

Objek Meditasi Yang Tepat Sesuai Kondisi Kita

banner
Objek Meditasi Yang Tepat Sesuai Kondisi Kita

Buddha.id - Namo Buddhaya, pada topik sebelumnya kita sudah membaca tentang Bagaimana Cara Menghindari Pengaruh Roh Halus, Setan Dalam Bermeditasi? , bagi teman-teman yang belum sempat membaca artikelnya bisa dibaca terlebih dahulu.

Pada kesempatan yang baik ini kita akan sedikit mengulas bagaimana menentukan Objek Meditasi Yang Tepat Sesuai Kondisi Kita? seperti kita tau kondisi setiap orang sangatlah berbeda-beda, ada yang senang, yang susah, gembira, sedih dll. Untuk itu ketika kita hendak bermeditasi ada baiknya kita pahami kondisi keadaan, perasaan yang sedang kita alami dalam diri kita.

Seperti kita tau pada umumnya untuk masalah objek meditasi kita dapat perhatikan "Nafas Masuk dan Keluar Saja Secara Fokus", atau bisa disesuaikan dengan kondisi diri kita sendiri seperti berikut ini :

1. Bila seseorang memiliki sifat Raga Carita (sifat penuh dengan nafsu) obyek meditasi yang cocok adalah 10 obyek Asubha (obyek mayat) dan Kayagatasati (perenungan terhadap badan jasmani).
orang yang memiliki watak ini cenderung sensitif dengan nilai-nilai keindahan dan keharmonisan, mudah sekali terpengaruh oleh kecantikan/ketampanan orang lain, suka mendengarkan musik yang indah-indah, dll.

2. Bila seseorang memiliki sifat Dosa Carita (sifat kebencian/kemarahan) obyek meditasi yang cocok adalah 4 Brahma Vihara (sifat luhur) yaitu metta, karuna, mudita, upekkha dan 4 obyek Kasina Warna yaitu warna hijau, putih, merah dan kuning. Orang yang memiliki watak ini mudah tersinggung, cepat bosan, jengkel, kesal, marah-marah, cemburu, irihari, dendam, dll

3. Bila seseorang memiliki sifat Moha Carita (sifat ketidaktahuan) obyek meditasi yang cocok adalah Anapanassati (perenungan terhadap keluar dan masuknya pernafasan).
Orang yang memiliki watak ini cenderung kurang cerdas, karena tidak ada usaha untuk belajar lebih baik.

4. Bila seseorang memiliki sifat Vitaka carita (sifat kekhawatiran) obyek meditasi yang cocok adalah Anapanassati. Orang yang memiliki watak ini biasanya sering cemas dalam menghadapi kesukaran/kesulitan, mudah merubah prinsip sehingga ia disebut orang yang tidak memiliki pendirian tetap.

5. Bila seseorang memiliki sifat Saddha carita (sifat mudah percaya) obyek meditasi yang cocok adalah 6 Anussati (perenungan) yaitu Buddhanussati, Dhammanussati, Sanghanussati, Silanussati, caganussati, Devanussati. Orang yang memiliki watak ini adalah memiliki tanda kurang cerdas karena segala sesuatu yang ia dengar walaupun informasinya belum jelas, ia dengan mudah menerimanya bagaikan kebenaran.

6. Bila seseorang memiliki sifat Buddhi Carita (sifat intelektual/kecerdasan) obyek meditasi yang cocok adalah Tilakkhana (Tiga Corak Umum yaitu anicca, Dukkha, Anatta), marananussati, Upasamanussati, aharapatikulasanna dan catudhatuvavathana. Orang yang memiliki watak ini biasanya kurang beruntung.

Sekian ulasan singkat tentang Objek Meditasi Yang Tepat Sesuai Kondisi Kita, semoga informasi bermanfaat dan mari kita jadikan meditasi sebagai kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Salam Metta❤❤❤

Orang bijaksana yang tekun bersamadhi, hidup bersemangat dan selalu bersungguh-sungguh, pada akhirnya mencapai kebebasan mutlak.

Your Reactions:

Info Buddhis : (Kegiatan Terakhir 2017) Mari danai cetakan paritta jilid 6 bersama Buddha.id DISINI. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kontak pada menu di atas.