Klenteng Boen Hay Bio, Salah Satu Tertua di Tangerang

Klenteng Boen Hay Bio, Salah Satu Tertua di Tangerang

22 Maret 2017

Klenteng Boen Hay Bio, Salah Satu Tertua di Tangerang

Paritta Suci
Klenteng Boen Hay Bio, Salah Satu Tertua di Tangerang

Buddha.id - Namo Buddhaya, untuk teman-teman yang berdomisili di kota Tangerang tentunya sudah tidak asing dengan keberadaan Klenteng-klenteng yang sangat terkenal ini bahkan sampai keluar kota salah satunya Klenteng Tertua di Tangerang Boen Tek Bio dan satu lagi kalian bisa melihatnya DISINI .

Klenteng Boen Hay Bio ini merupakan salah satu klenteng tua yang berada di kota Tangerang, satu Boen Tek Bio berada di daerah pasar lama, Bun San Bio - Nimmala berada di daerah pasar baru dan Boen Hay Bio ini ada dilokasi Serpong, Desa Cilenggang, Serpong.

Usia Klenteng Boen Hay Bio diperkirakan sudah mencapai 300 tahun lebih, berdiri pada 1694, berlokasi di Serpong, Tangerang. “Ada patung kepiting di gapura depannya,”. Bagian depan Klenteng Boen Hay Bio, dengan tulisan pada gerbang berbunyi “Vihara Karunayala, Boen Hay Bio Serpong”. Halaman Klenteng Boen Hay Bio ini cukup luas, dengan warung penduduk terletak di sebelah kanan depan bangunan, di bawah pohon beringin.

Untuk arsitektur Klenteng Boen Hay Bio tidak jauh beda dengan Klenteng pada umumnya dihiasi ornamen khas tanah Tiongkok. Pada bagian gerbang pintu kuil terdapat kepiting raksasa, dalam budaya Cina kepiting dipercaya dapat melindungi dan mengusir roh jahat.

Di ruang utama Klenteng, selain kedua naga besar yang melilit pilar, juga terdapat meja dengan ukiran naga dan burung hong indah dalam posisi berhadapan. Di atas meja tergeletak peralatan bebunyian berusia tua yang digunakan sebagai perlengkapan upacara sembahyang di Klenteng.

Banyak pengunjung datang ke Klenteng Boen Hay Bio untuk memuja Dewi Kwan Im yang merupakan lambang kebajikan. Hal ini sesuai dengan makna istilah Boen Hay Bio yang berarti kebajikan setinggi gunung dan sedalam lautan. Selain altar utama yang berisi patung Satya Dharma Bodhisatwa, terdapat sepuluh altar lain diantaranya Hok Tek Ceng Sin, Kong Tek Cun Ong, Lao Tze, Erl Lang Sian, Ciu Thian Sian Ni, Thay Swee Ya, Tho Ti Kong, serta Sakyamuni.

Klenteng Boen Hay Bio, Salah Satu Tertua di Tangerang

Demikianlah ulasan singkat tentang Klenteng Boen Hay Bio, Salah Satu Tertua di Tangerang, semoga informasi bermanfaat dan jika ada waktu luang kita semua dapat berkunjung kesana atau bagikan informasi ini kepada teman lainnya. Salam Metta..!!

Biarpun selama seratus tahun seseorang menyalakan api pemujaan di hutan, namun sesungguhnya lebih baik jika ia, walaupun hanya sesaat saja, menghormati orang yang telah memiliki pengendalian diri.