Kisah Perjalanan Situs BUDDHA.ID
Kisah Perjalanan Situs BUDDHA.ID

Kisah Perjalanan Situs BUDDHA.ID

banner
Kisah Perjalanan Situs BUDDHA.ID

Buddha.id - Namo Buddhaya, hallo teman-teman seDhamma apa kabar? semoga semua dalam keadaan baik dan berbahagia selalu. Pada kesempatan yang baik ini saya akan bercerita tentang Kisah Perjalanan Situs BUDDHA.ID dari A-Z.

Mengapa saya katakan perjalan situs Buddha.id dari A-Z? sebab disini saya akan bercerita benar-benar dari awal saya mengenal dunia blog seperti ini, namun sebelum temen-teman lanjut membaca ada baiknya sediakan secangkir kopi dan cemilan agar tidak bosan. Heheh..!!!

PERKENALAN 

Hallo perkenalkan nama saya Rico, begitulah yang yang tertulis di Kartu Tanda Penduduk saya. Tidak ada hal yang istimewa dari pribadi saya, selain rambut yang agak panjang dan terbelah seperti buku. Saya juga seorang humoris dan tipe orang yang tidak gampang marah alias pendendam (Admin Buddha.id).

Saya senang berteman dengan siapa saja, saya tidak pernah pilih-pilih teman untuk bergaul mau yang kaya, yang miskin, yang jelek, yang ganteng, yang cantik buat saya tidak ada masalah. Bagi saya yang terpenting dalam bergaul itu selalu tujuannya positif dan saya tidak boleh merugikan orang lain.

Situs Buddha.id sebenarnya bukanlah blog pertama saya, awal pertama ketertarikan saya pada dunia blogging yaitu pada saat saya melihat salah seorang teman saya mempuyai blog dan saya berfikir keren juga yah jika tulisan kita bisa dilihat orang banyak, bahkan dunia dapat menemukan kita.

Dari situ munculah niat dan saya mencoba membuat blog, namun usaha percobaan saya selalu gagal karena saya benar-benar tidak mengerti tentang koding-koding. Waktu terus berjalan sampai dimana saya bener-benar menyerah dan tidak tau harus bertanya kemana? tidak ada guru yang mengajari saya dan meskipun cara-caranya membuat blog sudah bertebaran di Google tetap saja saya tidak mengerti, karena dasarnya memang ini bukan dunia saya.

Namun saya berfikir dan terus berupaya mencari cara bagaimana agar saya bisa punya blog yang bagus dan enak dilihat pembaca?, pergilah saya ke toko buku untuk mencari paduan-paduan belajar ngeblog, saya berfikir kalau lewat buku mungkin akan mudah memahaminya dan syukurlah tanpa sengaja saya bertemu salah seorang teman  saya bernama Andre yang ternyata sangat pintar dalam dunia blogging.

Saya mulai belajar darinya sedikit demi sedikit dan hasilnya cukup memuaskan sebab saya mulai mengerti dan bisa membuat blog, perasaan saya sangat senang sekali ya walau blog pertama saya tidak bagus-bagus banget bisa dikatakan lumayan saja sudah bagus, namun rasa senang saya saat itu sangat luar biasa perjuangan saya menuai hasil.

Setelah saya mengerti sedikit koding sedikit demi sedikit saya mulai memperbaiki blog saya yang sangat memprihatinkan saat itu dan saya mulai melakukan Blogwalking, apa itu Blogwalking adalah suatu aktivitas di mana kita mengunjungi blog-blog lainnya dalam rangka silaturahmi. Nah untuk menarik pengunjung biasanya para blogger (termasuk saya) melakukan aktivitas blogwalking. Jadi singkatnya blogwalking adalah jalan-jalan.

Dari jalan-jalan tersebut saya melihat blog teman-teman lainnya sungguh bagus-bagus sekali dan kemudian saya berfikir kenapa blog mereka bisa seperti itu yah? Malam hari saya jadi siang dan siang hari saya menjadi malam sebab saya selalu begadang sampai pagi untuk belajar bermain blog hingga ketahap yang lebih tinggi lagi.

Dengan keinginan dan tekad yang kuat akhirnya saya berhasil juga meski tidak mahir 100% paling tidak 80% saya sudah bisa mengerti akan dunia blogging ini. Oia blog pertama saya waktu itu bernama diaryonline.web.id dan saya mulai belajar ngeblog dari tahun 2010 sampai sekarang ini.

Perjalanan panjang dari 2010 sampai saat ini sudah berkali-kali saya gonta-ganti blog dengan berbagai tema namun semuanya sirna karena sangat jenuh untuk mengelolah sebuah blog, pastinya bosan, capek harus menulis terus menerus tanpa tau kapan harus berhenti.

Sampai pada akhirnya saya inget tahun 2013 saya ingin mempunyai blog dengan tema Agama Buddha yang membahas artikel-artikel Buddhis namun keinginan tersebut tidak pernah tercapai, setiap kali ingin membuat blog Buddhis selalu terkendala masalah ada saja rasa malas dan lain-lainnya sehingga selalu batal dan ga pernah jadi.

Saya sendiri sampai heran kenapa selalu ada godaannya setiap kali saya sudah ada niat untuk membuat situs buddhis, saya berfikir positif saja mungkin dilain kesempatan saya akan berhasil. Dan terbukti pada 2015 bulan Juli situs Buddha.id hadir dan saya mulai konsisten menulis di blog ini sampai saat sekarang ini.

Kisah Perjalanan Situs BUDDHA.ID, bisa dibilang tidaklah lancar-lancar saja, selama saya mengelolah situs ini sudah cukup lumayan banyak pula kesulitan-kesulitan yang saya hadapi tapi itu bukan masalah buat saya, selama niat saya untuk terus menulis disitus ini masih besar maka segala hambatan tidak akan membebani saya.

Disitus ini (Buddha.id) teman-teman seDhamma tidak hanya menemukan bacaan-bacaan buddhis saja namun situs ini juga mengulas berbagai macam topik seperti tradisi, dewa-dewa, kepercayaan dan masih banyak lagi ulasan yang dibuat dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Awalnya situs Buddha.id ini hanya ingin fokus berbagi tentang artikel-artikel saja, akan tetapi seiring berjalannya waktu saya berfikir alangkah lebih bergunanya jika situs ini bukan hanya menjadi tempat bacaan buddhis namun bisa menjadi tempat untuk teman-teman seDhamma dimanapun berada untuk bersama menanam jasa kebaikan.

Maka saya coba membuat kegiatan kecil yang pertama seingat saya yaitu Dana Fangshen, sejak saat itu respon dari teman-teman semua sangat tinggi dan Buddha.id perlahan mulai mengadakan kegiatan-kegiatan kecil lainnya seperti cetak paritta dll.

Dalam setiap kegiatan yang dilakukan Buddha.id saya tidak melakukannya seorang diri, namun saya dibantu beberapa sahabat saya untuk membantu menyebarkan buku-buku paritta ke vihara-vihara kota Tangerang dan luar kota, bahkan beberapa pernah kirim keluar negeri.

Tak lupa tentunya saya mengucapakan banyak terima kasih kepada teman-teman, donatur semua atas keikutsertaannya dalam setiap kegiatan yang Buddha.id adakan, saya berharap semoga Saudara/i semua mendapatkan berkah kebahagiaan serta buah karma baik yang tak terhingga dikemudian hari.

Saya menyadari tanpa adanya teman-teman semua situs buddhis ini tidak mungkin dapat terus jalan sampai saat ini juga. Donasi yang teman-teman berikan untuk situs ini sangat bermanfaat bagi perkembangan situs ini kedepannya.

Harapan saya kedepannya situs Buddha.id dapat terus berkembang luas dan bisa hadir dalam bentuk nyata seperti Vihara Buddha.id, Yayasan Buddha.id agar dapat membantu serta memberikan manfaat bagi orang banyak lebih nyata lagi. Namun semua itu tidaklah mudah diwujudkan tanpa adanya uluran tangan dari para Dermawan/Donatur semua.

Semoga suatu saat nanti niat baik ini dapat terwujud, sekali lagi Admin dan team Buddha.id mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuannya. Semoga tahun 2017 ini membawa kebahagian, kesuksesan bagi kita semua.

Demikianlah Kisah Perjalanan Situs BUDDHA.ID singkatnya, jika ada salah-salah kata dan tindakan yang kurang berkenan selama situs Buddha.id ini hadir kiranya Saya dan Team minta maaf. Sadhu..3x..!!!

"Happy New Year 2017"

Tidaklah seberapa, harumnya bunga tagara dan kayu cendana; tetapi harumnya mereka, yang memiliki sila, menyebar sampai ke surga.” (Dhammapada 56)

Your Reactions:

Info Buddhis : (Kegiatan Terakhir 2017) Mari danai cetakan paritta jilid 6 bersama Buddha.id DISINI. Salam Metta _/|\_

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kontak pada menu di atas.