4 Juli 2016

Vegetarian Dalam Pandangan Buddhis

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Vegetarian Dalam Pandangan Buddhis
Sumber Gambar: http://kmbui.ui.ac.id/
Buddha.id - Namo Buddhaya, Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Terima kasih kepada Saudara Eric Fernando atas waktu luangnya mengirim artikel ke Buddha.id. Semoga artikel dapat memberikan manfaat serta bisa menambah wawasan bagi kawan-kawan seDhamma yang membacanya.

Vegetarian Dalam Pandangan Buddhis 

Vegetarian artinya tidak makan daging, sila artinya aturan, jadi selain harus menyayangi kehidupan sendiri, terlebih harus menghormati kehidupan segala makhluk.”[1]

Menjadi seorang penganut ajaran Buddha di tengah masyarakat Indonesia, tentu membawa umat Buddhis yang notabene minoritas di republik ini menjadi berbeda dengan masyarakat lainnya. Dalam pandangan masyarakat awam, seorang Buddhis sangat identik dengan tidak makan daging atau sering disebut vegetarian.

Pandangan ini tidak lepas dari banyaknya umat Buddhis yang mempropagandakan gaya hidup menjadi seorang vegan (sebutan untuk orang yang menjadikan vegetarian sebagai pola hidup).

Kita ambil contoh salah satu yayasan Buddha terbesar di Indonesia, yakni Tzu Chi. Berikut adalah beberapa kalimat yang dikutip langsung dari website Tzu Chi “Sejak awal Tzu Chi berdiri, setiap relawannya dihimbau untuk bervegetarian, terutama pada saat mengenakan seragam relawan.

Namun seiring waktu, Master Cheng Yen pun mulai meminta relawan Tzu Chi untuk mempertahankan pola makan vegetarian tidak hanya saat mengenakan seragam saja, tetapi juga dalam keseharian.”[2] Bahkan, pola makan vegetarian sudah menjadi salah satu misi pelestarian lingkungan yayasan yang bermula dari celengan bambu tersebut.

Namun, apakah sejatinya seorang Buddhis harus bervegetarian? Apakah benar ajaran sang Buddha mewajibkan umatnya melakukan pola hidup vegetarian? Berikut akan penulis coba bahas.
Mengacu pada buku “Pandangan Buddha Terhadap Pemakanan Daging”[3] yang diterjemahkan oleh para pendukung Vihara Buddha Gotama. Ada beberapa aspek yang sejatinya mendukung kegiatan memakan daging bagi seorang Buddhis, antara lain :

Selengkapnya http://kmbui.ui.ac.id/2016/06/vegetarian-dalam-pandangan-buddhis/

Dikirim oleh : Eric Fernardo
Email : erfo**@gmail.com

Demikianlah sedikit ulasan tentang Vegetarian Dalam Pandangan Buddhis. Anda bisa membaca artikelnya lengkapnya dengan mengklik LINK URL diatas. Mau berbagi artikel Buddhis bersama Buddha.id bisa Kirim Artikel . Salam Metta

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate