28 Juli 2016

Memahami 10 Karma Baik Dan 10 Karma Buruk

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Memahami 10 Karma Baik Dan 10 Karma Buruk

Buddha.id - Namo Buddhaya, semoga teman-teman seDhamma berbahagia selalu. Pada kesempatan ini kita akan mencoba "Memahami 10 Karma Baik Dan 10 Karma Buruk", agar kita dapat terhindar dari penderitaan dan memetik buah kebahagiaan dikehidupan saat ini atau dikehidupan yang akan datang.

Dalam agama Buddha tentunya Hukum Karma merupakan suatu pedoman bagi kita semua agar kita ini mengerti setiap perbuatan "SEBAB" pasti akan ada "AKIBAT" dan kita takut untuk berbuat jahat. Sebagai contoh ada baiknya temen-temen membaca artikel yang satu ini Sutra Sebab Dan Akibat Sebagai Renungan Untuk Kita Selalu Berbuat Baik .

Agar kita semua bahagia mari bersama-sama kita coba Memahami 10 Karma Baik Dan 10 Karma Buruk dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal untuk kehidupan yang akan datang.
Memahami kehidupan yang lampau, lihat apa yang anda dapatkan pada kehidupan sekarang. Melihat kehidupanmu yang akan datang perhatikanlah perbuatanmu sehari-hari pada kehidupan ini. Karma lampau menentukan nasibmu sekarang, karma sekarang akan membentuk kehidupan yang akan datang.

# 10 Karma Baik 

1. Gemar beramal dan bermurah hati, akibatnya adalah diperolehnya kekayaan dalam kehidupan ini atau kehidupan yang akan datang.
2. Hidup bersusila, akibatnya adalah penitisan dalam keluarga luhur yang keadaannya bahagia.
3. Sering melakukan meditasi, akibatnya adalah penitisan di alam bahagia.
4. Berendah hati dan hormat, akibatnya adalah penitisan dalam keluarga luhur
5. Berbakti, akibatnya akan diperoleh penghargaan dari masyarakat
6. Cenderung untuk membagi kebahagiaan kepada orang lain.
7. Bersimpati terhadap kebahagiaan orang lain, akibatnya adalah menyebabkan terlahir dalam lingkungan yang menggembirakan.
8. Sering mendengarkan Dharma, akibatnya adalah berbuah dengan bertambahnya kebahagian.
9. Gemar menyebarkan Dharma, akibatnya adalah berbuah dengan bertambahnya kebijaksanaan
10. Meluruskan pandangan orang lain yang keliru, akibatnya berbuah dengan diperkuatnya keyakinan.

# Dan 10 Karma Buruk

1. Pembunuhan, akibatnya pendek umur, berpenyakitan, senantiasa dalam kesedihan karena terpisah dari keadaan atau orang yang dicintai, dalam hidupnya senantiasa berada dalam ketakutan.
2. Pencurian, akibatnya kemiskinan, dinista dan dihina, dirangsang oleh keinginan yang senantiasa tidak tercapai, penghidupannya senantiasa tergantung kepada orang lain.
3. Perbuatan asusila, akibatnya mempunyai banyak musuh, beristri atau suami yang tidak disenangi, terlahir sebagai pria atau wanita yang tidak normal perasaan seks-nya.
4. Berdusta, akibatnya menjadi sasaran penghinaan, tidak dipercaya khalayak ramai.
5. Bergunjing, akibatnya kehilangan teman-teman tanpa sebab yang berarti.
6. Kata-kata atau ucapan kasar dan kotor, akibatnya sering didakwa yang bukan-bukan oleh orang lain.
7. Omong kosong, akibatnya bertubuh cacat, berbicara tidak tegas, tidak dipercaya oleh khalayak ramai.
8. Keserakahan, akibatnya tidak tercapai keinginan yang sangat diharap-harapkan.
9. Dendam, kemauan jahat/niat untuk mencelakakan makhluk lain, akibatnya rupa buruk, macam-macam penyakit, watak tercela.
10. Pandangan salah, akibatnya tidak melihat keadaan yang sewajarnya, kurang bijaksana, kurang cerdas, penyakit yang lama sembuhnya, pendapat yang tercela. 

Baca juga : 5 Karma Buruk Paling Mengerikan

Demikianlah artikel tentang Memahami 10 Karma Baik Dan 10 Karma Buruk, semoga bermanfaat dan membawa kita dalam kehidupan yang bahagia.
Sumber : http://viharadhammasasana.blogspot.co.id/ dan http://artikelbuddhis.blogspot.co.id/

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate