3 Oktober 2016

Sulitnya Memusatkan Pikiran Saat Meditasi

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Buddha.id - Namo Buddhaya, bicara tentang meditasi tentu sudah tidak asing bagi kita yang beragama Buddha, sebenarnya meditasi bukan hanya dilakukan oleh umat Buddha saja semua orang pun dapat melakukan hal ini karena memang terbukti banyak sekali manfaatnya salah satunya bisa mengurangi stres.

Sulitnya Memusatkan Pikiran Saat Meditasi
Sumber Gambar : http://www.dhammacakka.org/

Jika pada sebelumnya Admin pernah menulis Mulai Sekarang Luangkan Waktu Anda 5 Menit Untuk Meditasi , silahkan baca terlebih dahulu dan pada kesempatan yang baik serta berbahagia ini kita akan membahas sedikit tentang "Sulitnya Memusatkan Pikiran Saat Meditasi".

Sulitnya Memusatkan Pikiran Saat Meditasi ini mungkin tidak semua orang mengalaminya, namun disini saya akan berbagi pengalaman apa yang saya alami saja selama melakukan meditasi. Jadi jika kawan-kawan seDhamma tidak merasakan apa yang saya alami berarti Anda sudah cukup baik dan terus dipertahankan.

Awalnya saya bisa dikatakan sangat jarang melakukan meditasi, mungkin karena kesibukan pekerjan yang terkadang membuat saya jadi malas karena sudah terlalu lelah. Tapi belakangan ini saya coba meluangkan sedikit waktu saya meski hanya 5 menit untuk melakukan meditasi dan ternyata saya sangat kesulitan sekali dalam mengatur pernafasan.

Setiap memejamkan mata dan fokus mengamati keluar masuknya nafas ini selalu saja tidak beraturan dan pikiran selalu lari kemana-mana. Sungguh sulit sekali mengendalikan pikiran ini yang lari kemana-mana saat melakukan meditasi.
Pikiran sangat sulit untuk dilihat, amat lembut dan halus, pikiran bergerak sesuka hatinya. Orang bijaksana selalu menjaga pikirannya, seseorang yang menjaga pikirannya akan berbahagia.
Dari kesulitan yang saya alami ini saya terus berusaha dan membiasakan diri melakukan meditasi walau tidak dalam waktu yang lama hanya 5 menit dan pada akhirnya bisa menjadi lebih baik tidak seperti waktu pertama kali begitu sangat-sangat sulit memusatkan pikiran ini.

Jika sobat mengalami hal seperti saya ini jangan putus asa dan berfikir enggan melakukan meditasi lagi. Kalian harus tetap mencoba/membiasakan diri setiap harinya mulailah konsentrasi dan bangun niatan dalam diri kita kalau kita bisa melakukannya. Cobalah 3 sampai 5 menit sehari terlebih dahulu jika kiranya sudah agak baik cobalah tambah durasinya menjadi 10-15 menit.

Demikian ulasan sedikit pengalaman Sulitnya Memusatkan Pikiran Saat Meditasi, semoga kawan-kawan seDhamma tetap semangat jika menghadapi kendala apapun dalam bermeditasi. Salam Metta ^_^

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate