7 Juni 2016

Puasa Dalam Buddhisme

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Memasuki bulan Ramadhan, buddha.id mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim yang menjalankan. Dalam Buddhisme puasa sama pentingnya, umumnya di sebut sebagai Atthasila, biasanya didalam vihara-vihara theravada umat buddhis akan diajak menjalankan Atthasila dalam acara pekan penghayatan dhamma (PPD) atau sebagainya.

Puasa Dalam Buddhisme
Sumber Gambar: https://selfyparkit.files.wordpress.com

Sejarah Puasa (Uposatha) dalam Buddhisme 
Jika ditinjau dari sisi historis, puasa atau uposatha (bahasa pali) berasal dari bahasa sansekerta "upavasatha" , yang bermakna hari puasa periode Vedic. Vedic adalah veda dalam hinduisme yang disusun tahun 1100 sebelum masehi (rujukan buku read indussian the archaic tamil from c.7000 bc karya Senthil Kumas A.S).

Peserta yang melaksanakan latihan ini dalam buddhisme disebut upasaka/upasika . Upasaka adalah peserta pria sedangkan upasika adalah peserta wanita. moment puasa dalam buddhis mengingatkan akan perenungan Siddharta Gautama serta pengamatan yang sudah dilakukan guru besar (Buddha).

Manfaatnya sendiri sangat luar biasa disamping membersihkan pikiran-pikiran yang kotor juga memberi ketenangan batin serta kebahagiaan, pikiran itu sangat penting untuk dijaga kebersihannya, pikiran sendirilah yang mengatur sebagian besar gerakan tubuh manusia. Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu (Dhammapada 1). Untuk melakukan puasa dalam Buddhisme ada 8 aturan yang harus dilaksanakan atau sering disebut Atthasila.

Apa itu Atthasila?
Delapan sila / aturan atau Atthasila (bahasa pali) ini adalah menjalankan aturan untuk melatih diri dalam melakukan latihan penyeimbangan diri. dalam Paritta buddhis ada Pancasila yaitu :
Panatipata veramani sikkhapadam samadiyami
Aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan mahluk hidup.

Adinnadana veramani sikkhapadam samadiyami
Aku bertekad akan melatih diri menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan (mencuri).

Kamesu micchacara veramani sikkhapadam samadiyami
Aku Bertekad melatih diri untuk menghindari perbuatan asusila.

Musavada veramani sikkhapadam samadiyami
Aku Bertekad melatih diri untuk menghindari ucapan yang tidak benar (berbohong).

Surameraya majjapamadatthana veramani sikkhapadam samadiyami
Aku Bertekad melatih diri untuk menghindari segala minuman keras yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran.

Serta ditambah tiga sila lagi, sebabagi berikut :

Vikala-bhojana veramani sikkhapadam samadiyami
Bertekad melatih diri untuk menghindari makan makanan diwaktu yg salah, yaitu lewat tengah hari.

Naccagita-vadita-visukadassana malagandha-vilepana dharana-mandana vibusanatthana veramani sikkhapadam samadiyami
Bertekad melatih diri untuk menghindari menari, menyanyi, bermain musik, melihat permainan / pertunjukan, tidak memakai bunga-bungaan, wangi-wangian dan alat kosmetik yg lain untuk tujuan menghias / mempercantik diri.

Uccasayana-mahasayana veramani sikkhapadam samadiyami
Bertekad melatih diri untuk menghindari penggunaan tempat tidur dan tempat duduk yg tinggi, besar dan mewah.

Waktu makan dimulai dari subuh sekitar jam 4 sampai dengan jam 12 siang setelah itu melakukan puasa . uposatha akan menjadi sah jika melatih kedelapan sila tersebut. hanya saja dalam Buddhisme boleh minum air putih.

Waktu Pelaksanaan Sila 
Umat Buddhiss melakukan Attasila ketika hari Uposatta antara lain pada tanggal 1 ,8 ,15 dan 23 penanggalan lunar, ada juga yang hanya melakukan pada tanggal 1 dan tanggal 15 (atau dalam istilah umum klenteng ce it cap go).

Kalau mengikuti aturan dari penyelengara Pekan Penghayatan Dhamma dalam melakukan Atthasila, peserta biasanya diberikan sertifikat keikut sertaan, seperti ini :

Doc : Pribadi

Tapi apalah artinya sebuah sertifikat, yang terpenting adalah niat yang tulus dalam menjalankannya.
Oleh : Regent R

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate