27 Juni 2016

Bagaimana Sanghadana Sebaiknya Dilakukan dan Berupa Apa Saja Yang di Danakan?

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Bagaimana Sanghadana Sebaiknya Dilakukan dan Berupa Apa Saja Yang di Danakan?
Sumber Gambar : samaggi-phala.or.id

Buddha.id - Namo Buddhaya, beberapa hari ini Admin agak sibuk dan jarang update mohon maaf. Pada kesempataan yang berbahagia ini saya ingin berbagi sebuah informasi pengetahuan tanya jawab yang sangat bermanfaat tentunya.

Ada seorang umat bernama Linda Liu dari Jakarta yang bertanya kepada B. Uttamo yang tentunya Bhikku Sangha yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Begini pertanyaannya :

Tanya : Pertanyaan Saya Adalah Bagaimana Sanghadana Sebaiknya Dilakukan dan Berupa Apa Saja Yang di Danakan? Mohon penjelasannya. Terima Kasih..!!

Jawab : Dalam Dhamma, istilah 'Sangha' mengacu pada dua pengertian. Pertama, sangha adalah sekelompok orang yang telah mencapai kesucian sotapanna, sakadagami, anagami maupun arahatta. Istilah dalam pengertian pertama ini tidak harus menunjuk kehidupan seorang bhikkhu.

Kedua, sangha dapat berarti sekelompok bhikkhu walaupun mereka belum mencapai kesucian. Dewasa ini pengertian 'Sangha' lebih cenderung pada pengertian kedua daripada pengertian yang pertama. Oleh karena itu, 'sanghadana' dapat diartikan sebagai persembahan umat untuk mendukung kehidupan para bhikkhu.

Para bhikkhu dalam kehidupannya memerlukan empat kebutuhan pokok yaitu pakaian, makanan, tempat tinggal serta obat-obatan. Dengan demikian, seorang umat dalam melakukan sanghadana dengan mempersembahkan salah satu atau keseluruhan kebutuhan para
bhikkhu tersebut. Semoga keterangan ini dapat bermanfaat.

Salam metta,
Bhikku Uttamo..!!
Dikutip Dari : http://buddhaschool.blogspot.co.id/

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate