10 Mei 2016

Mulai Sekarang Luangkan Waktu Anda 5 Menit Untuk Meditasi

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Mulai Sekarang Luangkan Waktu Anda 5 Menit Untuk Meditasi

Buddha.id - Namo buddhaya, hallo kawan-kawan seDhamma dimanapun berada semoga semua berbahagia selalu. Pada kesempatan yang baik ini kita akan sedikit mengulas betapa pentingnya meluangkan sedikit waktu hanya untuk bermeditasi. Mengapa demikian ?

Sebagai umat Buddha tentunya meditasi sudah menjadi kewajiban untuk dilakukan dikehidupan sehari-hari, sebab sang Buddha sendiri mencapai kesempurnaan dengan cara meditasi dan kita sebagai umat hendaknya mempraktekan Dhamma-dhamma sang Buddha salah satunya yaitu "meditasi".

Namun sayangnya meskipun praktek meditasi kelihatannya mudah tapi kenyataannya banyak sekali orang yang gagal menjalankannya karena suatu alasan biasanya mungkin karena malas, tidak punya banyak waktu atau banyak godaan-godaan lain seperti mikirin orang tua sakit, anak sakit dan masih banyak lagi alasan yang membuat kita malas melakukan meditasi.

Untuk itu agar faktor-faktor yang membuat kita malas melakukan meditasi bisa dihilangkan, kita harus memiliki keinginan yang kuat ( Tekad ) dan Memiliki moral yang baik ( Sila ) serta harus sehat jasmani dan batin selengkapnya bisa lihat pada artikel ini Agar Berhasil Begini Cara Melaksanakan Meditasi

Setelah kawan-kawan seDhamma membaca artikel ini semoga kita semua dapat melakukan meditasi walau hanya 5 menit sehari itu sudah sangat baik dibanding kita tidak melakukan apapun. Kita bisa memulai pada minggu pertama hanya 5 menit terus minggu ke dua 15 menit dan jika kira-kira sanggup kita bisa mencoba hingga 1 jam melakukan meditasi.

Untuk masalah objek meditasi kita dapat perhatikan "Nafas Masuk dan Keluar Saja Secara Fokus", atau bisa disesuaikan dengan kondisi diri kita sendiri seperti berikut ini :

1. Bila seseorang memiliki sifat Raga Carita (sifat penuh dengan nafsu) obyek meditasi yang cocok adalah 10 obyek Asubha (obyek mayat) dan Kayagatasati (perenungan terhadap badan jasmani).
orang yang memiliki watak ini cenderung sensitif dengan nilai-nilai keindahan dan keharmonisan, mudah sekali terpengaruh oleh kecantikan/ketampanan orang lain, suka mendengarkan musik yang indah-indah, dll.

2. Bila seseorang memiliki sifat Dosa Carita (sifat kebencian/kemarahan) obyek meditasi yang cocok adalah 4 Brahma Vihara (sifat luhur) yaitu metta, karuna, mudita, upekkha dan 4 obyek Kasina Warna yaitu warna hijau, putih, merah dan kuning. Orang yang memiliki watak ini mudah tersinggung, cepat bosan, jengkel, kesal, marah-marah, cemburu, irihari, dendam, dll

3. Bila seseorang memiliki sifat Moha Carita (sifat ketidaktahuan) obyek meditasi yang cocok adalah Anapanassati (perenungan terhadap keluar dan masuknya pernafasan).
Orang yang memiliki watak ini cenderung kurang cerdas, karena tidak ada usaha untuk belajar lebih baik.

4. Bila seseorang memiliki sifat Vitaka carita (sifat kekhawatiran) obyek meditasi yang cocok adalah Anapanassati. Orang yang memiliki watak ini biasanya sering cemas dalam menghadapi kesukaran/kesulitan, mudah merubah prinsip sehingga ia disebut orang yang tidak memiliki pendirian tetap.

5. Bila seseorang memiliki sifat Saddha carita (sifat mudah percaya) obyek meditasi yang cocok adalah 6 Anussati (perenungan) yaitu Buddhanussati, Dhammanussati, Sanghanussati, Silanussati, caganussati, Devanussati. Orang yang memiliki watak ini adalah memiliki tanda kurang cerdas karena segala sesuatu yang ia dengar walaupun informasinya belum jelas, ia dengan mudah menerimanya bagaikan kebenaran.

6. Bila seseorang memiliki sifat Buddhi Carita (sifat intelektual/kecerdasan) obyek meditasi yang cocok adalah Tilakkhana (Tiga Corak Umum yaitu anicca, Dukkha, Anatta), marananussati, Upasamanussati, aharapatikulasanna dan catudhatuvavathana. Orang yang memiliki watak ini biasanya kurang beruntung.

Kelebihannya yang dimiliki dapat menjadi suatu kerugian apabila suatu sikap batin yang tidak benar sebagai pengetahuan besar. Hal ini akan menyeret seseorang kedalam pandangan ekstrim/salah. Jika kebenaran disertai pengetahuan benar akan membawa seseorang dapat menembus empat kesunyataan mulia dengan benar.

Demikianlah ulasan tentang Mulai Sekarang Luangkan Waktu Anda 5 Menit Untuk Meditasi, semoga informasi bermanfaat jika ada kesalahan mohon bantuan untuk koreksinya admin akan segera memperbaikinya. Salam Metta!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate