18 Agustus 2016

Jangan Pernah Menunda Jika Hendak Melakukan Kebajikan

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Jangan Pernah Menunda Jika Hendak Melakukan Kebajikan

Buddha.id - Namo buddhaya, hallo sahabat semua bagaimana kabarnya? lama saya tidak menulis disini rasanya kangen juga, namun saya tidak pernah ketinggalan informasi-informasi terbaru yang ada pada situs ini.

Pada kesempatan yang baik ini saya akan sedikit menulis tentang "Jangan Pernah Menunda Jika Hendak Melakukan Kebajikan" namun sebelum kawan-kawan seDhamma membaca tulisan singkat saya ini ada baiknya membaca tulisan saya yang sebelumnya yaitu Mau Jadi Apa Kita di Kehidupan Yang Akan Datang .

Seperti kita tau untuk melakukan suatu perbuatan baik itu sangatlah sulit, banyak orang saat ini cenderung senang dengan melakukan perbuatan tidak baik yang sebenarnya dia juga paham kalau yang dia perbuat akan menimbulkan suatu KARMA buruk atau bisa menyebabkan orang tersebut terlahir ke alam yang rendah dan terus menderita.

Oleh sebab itu terlahir sebagai manusia sebenarnya kita sudah cukup beruntung sebab Dalam Agama Buddha Alam Manusia Paling Baik Untuk Mencapai Kesempurnaan, Kenapa Demikian ? , silahkan baca terlebih dahulu.

Untuk itu kawan-kawan seDhamma dimanapun berada jika kita mengerti kalau perbuatan jahat hanya akan mengantarkan kita ke gerbang penderitaan, maka jangan pernah menunda-nunda jika kita mau melakukan kebajikan, sebab hanya dengan banyak melakukan kebajikanlah yang akan menolong diri kita sendiri terbebas dari hal-hal yang buruk ( tidak baik ).

Kenapa Demikian, Jangan Pernah Menunda Jika Hendak Melakukan Kebajikan ??

Sebagai contoh, pernahkah teman-teman mengalami dimana saat kita ingin melakukan perbuatan baik misalkan datang ke vihara lalu kemudian timbul dipikiran "Ah males minggu depan aja perginya", begitu seterusnya yang pada akhirnya kita tidak pernah pergi ke vihara tersebut karena pikiran kita senang memikirkan hal-hal yang sebenarnya itu adalah bisikan yang tidak baik.

Maka dari itu jika kita sudah mempunyai niat yang kuat  untuk melakukan kebajikan jangan pernah menunda-nunda dan kita harus jalankan secepat mungkin sebab jika seseorang menunda-nunda maka pahalanya datang perlahan dan hanya sebagian dan jika seseorang terlalu lambat dalam melakukan perbuatan baik, mungkin dia tidak akan sanggup untuk melakukannya secara keseluruhan, karena pikiran orang cenderung senang dengan melakukan perbuatan yang tidak baik.”

Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Bergegaslah berbuat kebajikan, dan kendalikan pikiranmu dari kejahatan; barang siapa lamban berbuat bajik, maka pikirannya akan senang dalam kejahatan. [Dhammapada IX : 116 – Papa Vagga]

Terima kasih sudah membaca. Semoga artikel bermanfaat, Jika berkenan Anda juga bisa memberikan sedikit Donasi  , untuk kemajuan dan perkembangan situs ini. Salam Metta..!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate