23 Maret 2016

Klenteng Poncowinatan di Yogyakarta

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Klenteng Poncowinatan di Yogyakarta

Buddha.id - Namo Buddhaya, belum lama ini saya pernah menulis tentang Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Sukabumi dan Indahnya Melihat Sunset di Vihara Buddha Jayanti Sorong silahkan baca kembali, dan kali ini kita akan coba melihat sebuah Klenteng di Yogyakarta.

Klenteng Poncowinatan atau nama aslinya Zen Ling Gong terletak di Jalan Poncowinatan 16 depan Pasar Kranggan Yogyakarta. Masyarakat setempat biasa menyebut Klenteng ini "Poncowinatan" karena letaknya di jalan Poncowinatan padahal nama sebenarnya adalah Zen Ling Gong.

Klenteng Poncowinatan ini dikelolah oleh Yayasan Bhakti Loka dan selalu ramai pengunjung terlebih pada saat tahun baru Imlek dan hari-hari keagamaan bagi orang tionghoa. Pengunjung yang datang kesini bukan hanya masyarakat kota Yogyakarta saja namun dari luar kota pun sangat ramai berkunjung kesini.

Memasuki kawasan Klenteng Poncowinatan ini, Anda pasti akan menemukan ornamen-ornamen khas Cina, selain tersedia tempat untuk berdoa, di Klenteng ini juga terdapat beberapa kursi dan bantal duduk yang bisa digunakan untuk berdoa di lantai.

Area parkir yang luas pun ada di Klenteng ini yang setiap harinya dijadikan sebagai lahan parkir untuk masyarakat yang berkepentingan belanja di Pasar Kranggan yang berada di depan Klenteng ini.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Klenteng Poncowinatan di Yogyakarta, jika ada salah-salah penjelasan mohon koreksinya, nah buat kawan-kawan seDhamma bila ada kesempatan boleh mampir ketempat ini. Salam Metta.!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate