1 Maret 2016

Klenteng Kwan Tie Miaw di Bangka

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Klenteng Kwan Tie Miaw di Bangka

Buddha.id - Namo Buddhaya, bagi warga yang tinggal di Bangka tentu sudah tidak asing dengan Klenteng yang satu ini, sangat terkenal dan merupakan salah satu objek wisata budaya Pangkalpinang yang sangat menarik.

Saya sendiri belum pernah kesana dan mengetahui informasi ini dari internet dan saya kira cukup menarik lalu saya cobalah memasukan Klenteng Kwan Tie Miaw ini ke website buddha.id tentunya dengan harapan agar Klenteng ini semakin terkenal dan bisa merambah kebelahan dunia.

Namun jika ada kawan-kawan yang mau mengajak saya berwisata ke Klenteng  Kwan Tie Miaw di Bangka ini saya mengucapkan terima kasih dan tidak menolak hehehe " Bercanda ".

Kwan Tie Miaw terletak di jalan Mayor Syafrie Rachman yang dulunya bernama Klenteng Kwan Tie Bio namun seiring berjalannya waktu Klenteng ini mengalami perubahan nama menjadi Kwan Tie Miaw.

Bisa dibilang KTM ini ( Kwan Tie Miaw ), merupakan salah satu Klenteng tertua di Pulaun Bangka. Pada Klenteng ini terdapat hiasan buah Labu ( Gourd ) di puncak atap kelenteng dan adanya lambang Patkwa (Pakua) didepan kelenteng yang tengahnya ada lingkaran hitam putih (Ying dan Yang), Patkwa (Pakua) melambangkab keberuntungan, rejeki atau kebahagian.

Dari apa yang ada pada Klenteng ini menunjukan kalau ciri aliran Toisme masih merupakan yang terpenting. Klenteng ini diperkirakan dibuat pada tahun1841 Masehi dan pembangunannya pun masih dilakukan secara gotong royong oleh berbagai kalangan kelompok penambangan timah yang ada di Pangkalpinang.

KTM ini mulai diresmikan pada tahun 1846 hal ini terbukti dari ucapan selamat dari beberapa perkumpulan Kongsi pada hari baik bulan tahun ke 26 Daoguang yang bertepatan dengan tahun 1846.

Kwan Tie Miaw juga sering dijadikan juga sebagai pusat upacara peringatan Hari Raya Imlek, Cap Go Meh dan kegiatan sembahyang Rebut dan kegiatan Pot Ngin bun untuk menolak bala dan segala wabah penyakit.

Demikian ulasan tentang Klenteng Kwan Tie Miaw di Bangka, semoga informasi bermanfaat dan jika ada kesalahan informasi mohon koreksinya. Salam Metta

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate