22 Maret 2016

Apakah Perbedaan Antara Liam Keng dan Paritta ?

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Apakah Perbedaan Antara Liam Keng dan Paritta ?

Buddha.id - Namo Buddhaya, sebelumnya saya ingin minta maaf kepada kawan-kawan seDhamma sebab beberapa hari ini buddha.id jarang update dan hal itu dikarenakan web sedang dalam perbaikan hal ini membuat saya harus memutar otak untuk segera memperbaikinya.

Perkiraan saya mungkin senin 28 Maret 2016 masalah ini cepat selesai dan saya bisa kembali lagi berbagi konten-konten Buddhis yang bermanfaat. Tak lupa juga saya mengucapkan banyak terima kasih kepada saudara/i yang sudah Mari Berdana Dengan Mencetak Kitab Suci KOO ONG KUAN SEE IEM KENG, ( Tutup 31 Maret 2016 )

Oke kembali ke topik pembahasan kita akan mengulas pertanyaan salah satu umat dari dari Jakarta yang bernama Yulia yang bertanya ke Bhikku Uttamo dengan pertanyaan sbb :

Tanya : Bhante, Saya Ingin Bertanya, Apakah Perbedaan Antara Liam Keng dan Paritta ?

Jawab : Keng' atau Paritta mempunyai arti yang kurang lebih sama yaitu sebuah atau sebagian dari kotbah yang pernah diuraikan oleh Sang Buddha pada suatu saat di tempat tertentu. Kotbah Sang Buddha ini semuanya berisikan petunjuk agar orang mendapatkan kebahagiaan dalam kehidupan ini.

Seorang umat Buddha dalam melakukan ritual keagamaannya, biasanya mengulang kembali kotbah Sang Buddha tersebut. Dalam masyarakat Buddhis, kotbah Sang Buddha yang menggunakan bahasa Pali atau bahasa yang pernah dipergunakan di India waktu itu disebut sebagai 'Paritta' yang arti sebenarnya adalah perlindungan. 

Sedangkan, kotbah Sang Buddha yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Mandarin disebut sebagai 'cing' atau 'keng'. Dengan demikian, 'Liam keng' atau 'Nien Cing' adalah sama artinya dengan 'membaca paritta'.


Demikianlah tanya jawab singkat Apakah Perbedaan Antara Liam Keng dan Paritta ? oleh Bhikku Uttamo semoga bermanfaat. Salam Metta

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate