27 Februari 2016

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Sukabumi

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Sukabumi

Buddha.id - Namo Buddhaya, Tentunya kawan-kawan seDhamma sudah tidak asing dengan Vihara yang satu ini sangat terkenal dan sangat indah sekali. Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa merupakan tempat ibadah yang unik. Vihara Nam Hai berada di daerah Loji tepatnya Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi Jawa Barat.

Vihara ini bukan hanya menjadi tempat ibadah saja namun tempat ini juga seakan menjadi tempat wisatawan untuk bersantai menikmati deburan ombak Pantai Selatan karena memang letaknya diatas bukit menjadikan Vihara ini memiliki view yang sangat indah.

Sejarah Singkat Vihara Nam Hai

Vihara Nam Hai / Kuil Dewi Kwan Im di bangun oleh Mama Airin yang bermimpi harus membangun sebuah Vihara yang berada di pesisir laut dari situ mulailah Mama Airin mencari lahan kosong ke berbagai daerah namun tidak ada yang pas seperti gambaran dalam mimpinya tersebut.

Namun karena tekad yang kuat dan niat yang baik Mama Airin mendapat kabar kalau ada sebidang tanah yang terletak di daerah pelabuhan ratu ingin di jual dan setelah dilihat Mama Airin merasa senang karena sangat pas sekali dengan gambaran yang ada dalam mimpinya tersebut. Akhirnya mulailah dibangun Vihara tersebut dan selesai pada 8 agustus 2000.

Uniknya saat kita memasuki gerbang utama kita akan melihat sosok patung naga berkepala tujuh dengan ekor memanjang ke atas lihat gambar diatas, dari warnanya emasnya khas sekali dengan gaya ukiran unik Thailand.

Naik keatas anak tangga yang berjulah 500 buah dan pada tingkatanya kita akan melihat patung dewa dewi dan yang menarik menurut mitosnya jumlah anak tangganya jika dihitung bersamaan maka jumlahnya tidak akan sama.

Terus masuk kedalam hingga tiba di altar utama terdapat patung Sun Go Kong beserta gurunya. Mulai dari sini kita akan terpesona melihat birunya pantai selatan yang indah. Dan dibawah ini adalah foto-foto pada altar utama :

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Sukabumi

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Sukabumi

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Sukabumi

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Sukabumi

Naik lebih keatas maka kita akan menemukan altar Semar, altar Prabu Siliwangi, dan yang paling unik adalah altar khusus bagi Nyi Roro Kidul. Untuk altar Nyi Roro Kidul dibuat secara khusus dengan bangunan kayu yang menyerupai rumah lengkap dengan tempat tidur, meja rias yang didominasi dengan warna hijau sebagai ciri khas penguasa laut selatan.

Serta kita juga akan menemukan altar Buddha 4 penjuru dan masih banyak lagi. Buat temen-teman yang belum pernah kesana boleh dicoba jika ada waktu sebab memang benar sangat indah dan luar biasa keren.

Demikian ulasan Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Sukabumi, semoga informasi berguna serta bermanfaat dan jangan sega-segan jika ada kata atau info yang salah mohon koreksinya. Salam Metta...!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate