23 Februari 2016

Selamat Hari Magha Puja 2559 BE/2016

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Selamat Hari Magha Puja 2559 BE/2016

Buddha.id - Namo Buddhaya, kawan-kawan tentu sudah tidak asing dengan Hari Suci Magha Puja bukan ? Perayaan Magha Puja Dilaksanakan di bulan Magha ( Pada Bulan Februari/Maret) pada waktu terang bulan. Perayaan ini memperingati peristiwa berkumpulnya empat faktor (caturrangga sannipata) pada hari tersebut :
1. Seribu dua ratus lima puluh orang bhikkhu datang berkumpul tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
2. Mereka semuanya telah mencapai tingkat kesucian arahat.
3. Mereka semuanya memiliki enam abhinna.
4. Mereka semua ditasbihkan oleh Sang Buddha dengan ucapan “Ehi Bhikkhu”.
Peristiwa penting ini dinamakan Caturangga-sannipata, yang berarti pertemuan besar para arahat yang diberkahi dengan empat faktor, yaitu seperti tersebut di atas. Peristiwa penting ini terjadi hanya satu kali dalam kehidupan Sang Buddha Gotama, yaitu pada saat purnama penuh di bulan Magha (Februari), tahun 587 Sebelum Masehi ( sembilan bulan setelah Sang Buddha mencapai Bodhi).

Baca juga : Mengenal Hari Besar Dalam Agama Buddha

Pada waktu itu, seribu dua ratus lima puluh orang bhikkhu datang secara serempak pada waktu yang bersamaan, tanpa adanya undangan dan perjanjian sebelumnya ke tempat kediaman Sang Buddha di vihara Veluvana (Veluvanarama, yang berarti hutan pohon bambu) di kota Rajagaha.

Mereka datang dengan tujuan untuk memberi hormat kepada Sang Buddha sekembalinya mereka dari tugas menyebarkan Dhamma dan melaporkan hasil penyebaran Dhamma yang telah mereka lakukan tersebut.

Nah buat kawan-kawan sedhamma kapan merayakan hari suci Magha Puja ini ? setiap Vihara tentunya mempunyai jadwal berbeda-beda untuk memperingati hari suci ini, namun yang pasti ada di sekitar bulan februari/maret.
Selamat Hari Magha Puja 2559 BE/2016
Buddha.id mengucapkan Selamat Hari Magha Puja 2559 BE/2016. Salam Metta..!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate