5 Oktober 2015

Vihara Avalokitesvara Konon Berumur Ribuan Tahun di Banten

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Vihara Avalokitesvara

Namo Buddhaya Vihara Avalokitesvara Berumur Ribuan Tahun di Banten, mungkin terdengar asing untuk kita semua, saya sendiri baru mengetahuinya pas tidak sengaja berkunjung ke blog tetangga sebelah www.indonesiakaya.com/ dan melihat artikel ini sangat menarik untuk di share ulang Buddha.id.

Vihara ini konon merupakan Vihara paling tua di Banten. Keberadaannya sudah ada sejak abad ke 16, Vihara Avalokitesvara yang terletak 15 km arah utara dari Kota Serang, Banten.

Sejarah singkat

Pembangunan Vihara ini tidak lepas dari peran Sunan Gunung Jati, salah satu dari sembilan wali penyebar agama Islam di Indonesia. Vihara ini terletak di kecamatan Kasemen, wilayah Banten lama ini berkaitan dengan Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati. Tokoh penyebar islam di tanah Jawa ini memiliki istri yang masih keturunan kaisar Tiongkok bernama Putri Ong Tien. Melihat banyak pengikut putri yang masih memegang teguh keyakinannya, Sunan Gunung Jati membangun vihara pada tahun 1542 di wilayah Banten, tepatnya di Desa Dermayon dekat dengan Masjid Agung Banten. Namun, pada tahun 1774 vihara dipindahkan ke Kawasan Pamarican hingga sekarang.
Baca Juga : Klenteng Terbesar di Asia Tenggara Kwan Sing Bio
Namun adapula versi lain yang beredar kalau sebenarnya Vihara Avalokitesvara dibangun pada tahun 1652. Yaitu pada masa emas kerajaan Banten yang dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Vihara Avalokitesvara ini mempunyai sebutan lain yaitu Klenteng Tri Dharma sebab di Vihara ini melayani tiga kepercayaan umat sekaligus. Yaitu Kong Hu Cu, Taoisme, dan Buddha.

Demikianlah uraian singkat tentang Vihara Avalokitesvara. Semoga artikel bermanfaat dan jangan lupa komentar nya Salam Metta ^_^

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate