31 Maret 2016

Melihat Indahnya Borobudur di Thailand

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Melihat Indahnya Borobudur di Thailand

Buddha.id - Jika di Indonesia kita mempunyai salah satu keajaiban dunia Borobudur baca dulu Ini Dia Patung Buddha Terkenal di Dunia ternyata diluar sana juga ada Borobudur tepatnya Cetiya Hin Sai, “Borobudur dari Thailand” di Provinsi Roi Et.

Berada di komplek Vihara Prachakomwanaram (Wat Prachakomwanaram) atau Vihara Pa Kung (Wat Pa Kung) di Distrik (Amphoe) Si Somdet, Provinsi Roi Et, Thailand Utara, 25 km dari Distrik Muang, Provinsi Roi Et, sebuah kompleks stupa berjenjang yang besar yang disebut Cetiya Hin Sai, berdiri dengan kokoh. Cetiya Hin Sai, disebut-sebut sebagai “Borobudur dari Thailand” karena bentuknya yang memang menyerupai Candi Borobudur yang ada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Sangat mirip sekali bukan dengan Borobudur Indonesia ?

Cetiya ini dibangun dari dana sumbangan yang dikumpulkan kurang lebih sekitar 100 juta Bath dengan ukuran 49 X 49 meter dengan tinggi ketas sekitar 19 meter. Cetiya ini mempuyai empat pintu gerbang dan untuk mendaki keatas maka kita akan melewati gapura-gapuran yang terukir indah dan kokoh.

Layaknya Candi Borobudur, Cetiya Hin Sai juga memiliki stupa induk yang cukup besar berkelir kuning dan dikelilingi dengan delapan buah. Meskipun desain cetiya ini menyerupai Borobudur berskala kecil namun tidak 100 % sama.

Cetiya Hin Sai dibangun dalam bentuk replika Candi Borobudur sebagai bentuk penghormatan kepada Luang Pu Sri Mahavira yang sangat terkesan terhadap Candi Borobudur saat beliau mengunjunginya pada tahun 1988.

Sumber : http://berita.bhagavant.com

Berikut ini adalah Foto Cetiya Hin sai

Melihat Indahnya Borobudur di Thailand

Demikianlah uraian singkat tentang Borobudur Thailand, semoga artikel bermanfaat dan jika ada kesempatan anda bisa mengunjunginya nanti Salam Metta dan berikut ini adalah cuplikan Videonya nya sbb :

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate