12 Oktober 2015

Kuasailah Pikiran Anda

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Kuasailah Pikiran Anda

Buddha.id - Namo Buddhaya, hallo teman apa kabar ? semoga semua dalam keadaan baik dan tentunya sehat selalu. Pada kesempatan baik ini saya menemukan sebuah artikel yang sangat bagus untuk kita renungkan semua. Kuasailah Pikiran Anda, artikel yang saya dapatkan dari Facebooknya  Dhamma kehidupan ini semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua.
Pikiran seseorang mempengaruhi keadaan diri sendiri secara mendasar. Pikiran mempunyai kekuatan yang sama sebagai obat tetapi juga sebagai racun.
Ketika pikiran sedang dalam keadaan keji, ia dapat membunuh mahluk hidup tetapi ketika ia sedang dalam keadaan tenang dan tekun, ia dapat bermanfaat bagi orang lain. Ketika pikiran terkonsenterasi pada pemikiran-pemikiran yang baik, dan didukung oleh usaha yang benar dan penuh pengertian, efek yang dihasilkan sangat besar sekali. Pikiran dengan pemikiran yang benar dan murni akan membawa kehidupan yang sehat dan rileks.

Buddha besabda, "Tidak ada musuh yang dapat mencelakakan seseorang sehebat pikiran yang serakah, pikiran yang penuh dengan kebencian, pikiran yang penuh dengan keiri-hatian dan kebodohan."

Seseorang tidak tahu bagaimana mencocokan pikirannya dengan keadaan, maka orang tersebut dapat dikatakan seperti telah mati. Putarlah pikiran anda ke dalam, dan cobalah untuk mencari kebahagiaan dalam diri anda sendiri.

Hanya ketika pikiran dikontrol dengan benar dan terarah ia dapat berguna bagi pemiliknya dan bagi orang yang lainnya. Pikiran yang tidak teratur dan kacau merupakan suatu kerugian baik bagi pemiliknya maupun orang lainnya. Semua kekacauan yang ditimbul di dunia ini adalah ciptaan dari manusia yang belum belajar untuk mengatur, menyeimbangkan, dan menenangkan pikirannya.

Ketenangan bukanlah kelemahan. Tingkah laku yang tenang setiap waktu menunjukan tingkat kebudayaan seseorang. Tidaklah begitu sulit untuk menjadi tenang ketika segala sesuatunya berada dalam keadaan menyenangkan, tetapi untuk berada tetap tenang ketika sesuatu dalam keadaan tidak menyenangkan, sangatlah sulit dilakukan. Ini adalah suatu kondisi sulit yang patut untuk diperjuangkan, karena dengan berlatih untuk bertindak-tanduk tenang dalam kontrol, seseorang membangun kekuatan karakternya.

Salam Metta ^_^

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate