23 September 2015

Vihara Tri Dharma Bumi Raya di Singkawang

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Vihara Tri Dharma  Bumi Raya di Singkawang

Buddha.id - Bicara Vihara di kota Singkawang memang tidak ada habisnya, sebab disini memang banyak sekali terdapat Vihara maupun Klenteng-klenteng bisa dibilang hampir disetiap sudut jalan. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya.

Vihara Tri Dharma  Bumi Raya konon merupak Vihara paling tua di Singkawang, diperkirakan sudah berusia 200 tahun silam. Penduduk asal menyebut Vihara ini dengan sebutan Tai Pak Kung ( toa pekong )
Baca juga : Vihara Surga Neraka di Singkawang
Terletak di pusat kota singkawang ini merupakan salah satu ciri khas dan cikal bakal berdirinya kota singkawang. Tahun pembuatan Vihara ini belum diketahui pasti, tapi menurut komunitas tionghoa Singkawang usia Vihara tersebut Setara dengan sejarah keberadaan kounitas tionghoa Singkawang yang telah berusia lebih dari 2000 tahun. Pada tahun 1933, Vihara ini diperluas dan renovasi. Namun pada tahun 1936, Vihara ini sempat terbakar sehingga di lakukan renovasi ulang.

Keberadaan Vihara yang tepat di jantung kota ini dipercaya sebagai tempat berdiamnya Dewa Bumi Raya. Dewa ini dipercaya oleh etnis tionghoa sebagai dewa yang menjaga kota Singkawang. Atas dasar kepercayaan tersebut, maka masyarakat tionghoa di kota Singkawang dan sekitarnya juga mengadakan semacam ulang tahun bagi dewa bumi raya yang dihelat setiap tanggal 6 bulan 6 (6 juni)pada setiap tahun nya.

Kesan tua sekaligus magis langsung terlihat begitu kita memasuki Vihara ini. Meski Vihara Bumi Raya tidak se Megahnya Vihara Chi Kung, namun kesan sakral langsung bisa kita dapatkan begitu kita melngkah masuk kedalam.

Keadaan Malam Vihara Tri Dharma Bumi Raya
Suasana Vihara Tri Dharma pada malam hari

Demikianlah ulasan sekilas Vihara Tri Dharma  Bumi Raya di Singkawang, semoga artikel bermanfaat untuk kita semua Namo Buddhaya..!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate