11 September 2015

Legenda Dewa Dapur Chauw Kun Kong

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Chauw Kun Kong

Dewa dapur - Mungkin terdengar asing namun sudah banyak orang juga yang mengetahui Legenda Dewa dapur ini. Saya sendiri sebenarnya baru mendengar dan tau Chauw Kun Kong dari blog http://buddhadhamma.yolasite.com/, tapi mungkin sebenarnya kita pernah lihat dirumah, klenteng namun kita tidak menyadarinya.

Dewa Dapur Chauw Kun Kong banyak dipuja masyarakat Tao,di mana beliau yang ditunjuk untuk mengawasi kehidupan manusia di bumi. Disebut Dewa Dapur karena dapur merupakan sumber benergi bagi rumah dan orang-orang di seluruh dunia.
Tanpa dapur,rumah belum bisa disebut rumah secara utuh

Dewa Dapur Chauw Kun Kong secara berkala (bukan setahun sekali ) naik ke kahyangan untuk memberikan laporan untuk Kaisar Langit Giok Hong Tay Tee tentang semua kebaikan dan keburukan manusia.

Namun ada satu momen,yakni pada akhir Tahun Imlek, sang dewa memberikan semacam “laporan akhir tahun” kepada Kaisar Langit.,yaitu pada tanggal 24 Cap Jie Gwee(11 Februari 2007) Untuk mengantarnya dilakukan upacara sembahyang pada 23 Cap Jie Gwee,yang disebut Chauw Kung Kong Sang Sin.

Pada upacara ini,keberangkatan Dewa Dapur diantar dengan persembahan-persembahan berupa kertas Siu Kim dan Ti Kong Kimyang ditaruh dalam hun be (kotak pengantar) untuk kemudian dibakar selesai upacara sembahyang.Pada hun be ada tulisan “ Sung Sen Jin Fu “ yang artinya
“ Menghantar Roh Suci dan memohon Berkah “.

Pada tanggal 4 bulan 1 Imlek ( Cia Gwee Che Shi ) ,Dewa dapur kembali ke bumi untuk membawa berkah dan hukuman bagi manusia sesuai dengan hasil laporan sebelumnya. Kedatangan Dewa dapur disambut upacara yang disebut Chauw Kun Kong Chi Shi.

Dalam upacara ini,dewa dapur disambut dengan upacara yang hampir sama dengan upacara mengantar Dewa Dapur ke kahyangan.
Hun be yang dibakar mempunyai tulisan “ Ing Sen Jie Fu “ yang berarti “ Menyambut Roh suci dan menerima Berkah

Nah demikianlah ulasan tentang Dewa Dapur, semoga artikel bermanfaat salam buddhis Namo Buddhaya..!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate