22 September 2015

Klenteng Tertua di Jakarta Kim Tek Le

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Klenteng Tertua di Jakarta Kim Tek Le

Kim Tek Le merupakan Klenteng tertua di Jakarta. Klenteng ini pertama kali dibangun pada tahun 1650 yang diberi nama Kwan Im Teng. Kata Kwan Im Teng kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi Klenteng.

Keberadaan Klenteng ini sejak tahun 1650 di bangun oleh seorang Letnan Tionghoa bernama KWEE HOEN tepatnya di Glodok, sebelah barat daya kota. Klenteng ini pernah terbakar pada tahun 1740 yang kemungkinan disebabkan dalam peristiwa Pembantaian etis tionghoa kala itu.
Baca Juga : Klenteng Tertua di Tangerang
Klenteng ini kembali diperbaiki pada tahun 1755 oleh Kapitan OEI TJI-LO dan diberi nama KIM TEK LE. Selama abad ke-17 tidak ada informasi yang jelas mengenai Kim Tek Ie.

Pada abad ke-18, seiring dengan perkembangan kota yang semakin pesat, Kim Tek Ie dikenal sebagai tempat ibadah masyarakat Tionghoa yang terpenting di Batavia. Setiap pemuja diterima dengan terbuka dan menjadi tempat ibadah yang banyak dikunjungi pejabat-pejabat. Seorang Mayor Tionghoa pernah menyumbangkan dana untuk pemugaran kelenteng.

Kelenteng Kim Tek Ie sejak lama dikenal sebagai pusat perayaan hari-hari raya Tionghoa, antara lain Cioko yang dilaksanakan di halaman kelenteng. Sebelum Perang Dunia II, pada Hari Raya Waisak, diadakan suatau Opera Tionghoa Peranakan dalam Bahasa Indonesia yang ikut diramaikan dengan permainan musik Keroncong.
Sumber : https://id.wikipedia.org/

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate