23 Agustus 2016

Bagaimana Pandangan Buddhis Tentang Anak Indigo?

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Bagaimana Pandangan Buddhis Tentang Anak Indigo ?

Buddha.id - sudah lama juga saya tidak menshare artikel tanya jawab yang sebenernya banyak disukai teman-teman Buddha.id, maklum hal tersebut dikarenakan mencari artikel tanya jawab seperti ini tidaklah mudah dan cukup sulit menurut saya.

Baca juga : Memahami 10 Karma Baik Dan 10 Karma Buruk

Ada seorang umat yang bertanya seperti ini ?

Tanya : Namo Buddhaya Bhante, saya ingin bertanya tentang bagaimana pandangan buddhis terhadap anak indigo ? sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Jawab : Bicara Buddhis terhadap anak indigo tidak aneh atau heran sebab dalam agama Buddha yakin ada kelahiran kembali yang terus berulang-ulang. Dalam bahasa umumnya anak indigo punya bakat alam yang tidak semua orang miliki alami dari lahir jadi sama saja.

Maksudnya, anak indigo yang punya kemampuan batin lebih dibanding anak atau orang biasa, karena anugrah di kelahiran lalu. Bisa jadi pada kelahiran lalu anak tersebut seorang petapa yang sudah memiliki kemampuan batin lebih.

Saat ini dia ( Dulunya petapa / rohaniwan yang punya kemampuan batin lebih ) lahir lagi sebagai manusia, meskipun ia masih anak-anak tapi kemampuan batin lebihnya itu tidak akan hilang dan terus dibawa sampai entah kapan.

Demikianlah pandangan Bhante yang sederhana ini, semoga berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan jadi luas. Mohon maaf bila ada yang kurang berkenan dihati.

Bisakah kemampuan batin anak indigo itu dilatih ?

Tentu bisa, jika dari bawaan lahirnya sudah memiliki sesuatu yang beda (mempunyai kemampuan batin), maka hal itu bisa dilatih biar lebih jelas pengelihatan nya dengan perbanyak melakukan meditasi serta membaca paritta-paritta Buddha. Akan tetapi agak sulit juga jika seseorang bukan bawaan lahir namun ingin mempunyai kemampuan seperti Anak Indigo.

Namun menurut informasi yang saya dengar, bila mana anak indigo tersebut menikah (berumah tangga) katanya kemampuan nya akan menghilang, benarkan demikian?

Jika teman-teman seDhamma mempunyai pengalaman (pengetahuan lebih) terhadap anak indigo bisa share disini. Salam Metta

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate