14 Agustus 2015

Vihara Nimmala di Tangerang Pasar Baru

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Vihara Nimmala di Tangerang Pasar Baru

Vihara Nimmala - Jika anda punya banyak waktu cobalah jalan-jalan ke daerah pasar baru tangerang, disana anda dapat melihat Vihara nan indah dan megah berdiri yang di kenal luas Vihara Nimmala. Jika dilihat bentuk bangunan nya tentu tidak jauh berbeda dengan Vihara lain nya.

Namun anda akan terkesima dengan Vihara yang berdiri ditanah seluas 4.650 meter persegi ini memiliki usia konon 312 tahun lama nya. Meski bukan menjadi nomor satu yang tertua di Kota Tangerang namun pengunjung Vihara ini sangatlah banyak.
Menurut cerita masyarakat setempat sekitar tahun 1689, Boen San Bio di bangun sangat sederhana oleh seorang pedagang asal negeri China, Lim Tau Koen, ketika dibangun Vihara ini hanya terbuat dari tiang bambu saja.

Pada masa itu pengunjung Vihara Nimmala ini terdiri dari pedagang-pedagang dari China yang beragama Buddha ,Konghucu dan Lao Tze yang tinggal di sekitar desa pasar baru " Kata sesepu Vihara Nimmala ini".

Disamping usianya yang cukup tua vihara ini mempunyai keistimewaan, yaitu ketika kita memasuki halaman Vihara, persis didepan pintu masuk, pengunjung dapat melihat sebuah tungku Hio yang cukup besar untuk menyebah Tuhan Yang Maha Esa dalam dialek  Hokkian di sebut Thian Sin.

Demikianlah uraian singkat Sejarah Vihara Nimmala yang Buddha.id ringkas, semoga artikel bermanfaat dan buat anda yang belum ke Vihara ini boleh di coba karena sangat indah.

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate