15 September 2015

Klenteng Terbesar di Asia Tenggara Kwan Sing Bio

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Kelenteng terbesar se asia tenggara

Tuban, Jawa timur- Klenteng Kwan Sing Bio merupakan Klenteng terbesar di Indonesia, konon menurut banyak cerita mengatakan Kwan Sing Bio terbesar se Asia Tenggara. Kita tidak perlu jauh-jauh melihat keluar negeri sebab di Indonesia tepat nya di tuban Jawa timur Klenteng nan megah ini berdiri.

Klenteng Kwan Sing Bio sebagai tempat sarana doa bagi umat Tri Dharma, berdiri indah dan megah diatas 4 hektar tanah dengan berbagai fasilitas nya, Klenteng ini mulai dibangun sejak tahun 1982. Kwan Sing Bio berada di jalan RE Martadinata tuban dan memiliki cerita yang diyakini sebagai petunjuk dari Dewa Kwan Sing Tie Koen. Dewa ini merupakan dewa kebijaksanaan bagi umat Tri Dharma.

Klenteng Kwan Sing Bio ini memiliki banyak keunikan.  Seperti, klenteng ini merupakan satu-satunya klenteng di Indonesia yang menghadap ke laut. Letak Klenteng yang menghadap laut ini diyakini sebagai posisi tempat ibadah terbaik untuk berdoa. Konon, siapa saja yang datang ke sini kelak permohonannya akan dikabulkan.

Selain itu, Klenteng Kwan Sing Bio juga merupakan satu-satunya klenteng di Indonesia yang menggunakan simbol kepiting diornamen utamanyanya. Padahal, umumnya setiap Klenteng menggunakan simbol naga.

Menurut kisahnya, penggunaan kepiting di pintu masuk terinspirasi dari mimpi salah satu pengurus klenteng. Saat itu dalam tidurnya ia bermimpi melihat seekor kepiting raksasa memasuki area kelenteng. Dari mimpi itulah, kepiting dijadikan sebagai simbol Klenteng Kwan Sing Bio dan juga menjadi simbol pelindung bagi umat Tri Dharma di Tuban.

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate