31 Agustus 2015

Kitab-Kitab Suci Agama Buddha

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Kitab-Kitab Suci Agama Buddha

Kitab-Kitab Suci Agama Buddha- buddha.id, Tipitaka adalah Kitab Suci Agama Buddha. Kitab Suci ini dikenal dengan nama Kanon Pali karena tertulis dalam bahasa Pali. Kitab ini adalah Kitab Suci Agama Buddha yang paling tua, yang diketahui hingga sekarang.

Selain yang berbahasa Pali, Buddha juga memiliki Kitab yang menggunakan Bahasa Sansekerta yaitu Tripitaka. Tetapi diantara kedua versi tersebut, hanya Kitab Suci Tipitaka (Pali) yang masih terpelihara secara lengkap. Kitab ini berisi kumpulan ceramah, keterangan, perumpamaan dan percakapan Buddha dengan para murid dan pengikutnya.

Kitab Tipitaka ini terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu : Vinaya Pitaka, Sutta Pitaka, dan Abhidhamma Pitaka. Karena terdiri dari tiga kelompok tersebutlah maka Kitab Suci Agama Buddha dinamakan Tipitaka.

1. Kitab Vinaya Pitaka

Kitab ini berisi aturan-aturan untuk para Bhikku dan Bhikkhuni yang dibagi lagi dalam tiga Kitab, yaitu Sutra Vibanga, Khandaka, dan Paravira.
  • Sutra Vibanga, berisi delapan jenis pelanggaran, yang diantaranya ada pelanggaran yang berakibat seorang Bhikku dan Bhikkhuni dapat dikeluarkan dari sangha.
  • Khandaka, berisi aturan-aturan mengenai upacara panahbisan Bhikkhu atau Bhikkhuni, tata tertib penerimaan Bhikkhu dan pelanggaran-pelanggarannya.
  • Parivara, berisi ringkasan peraturan vinaya yang disusun dalam bentuk tanya jawab untuk dipakai dalam pengajaran.
2. Sutta Pittaka

Kitab ini terdiri dari lima buku, yaitu :
  • Digha Nikaya, buku pertama dari Sutta Pitaka yang terdiri atas 34 Sutta panjang, dan terbagi menjadi tiga vagga : Silakkhandhavagga, Mahavagga dan Patikavagga.
  • Majjhima Nikaya, buku kedua dari Sutta Pitaka yang memuat kotbah-kotbah menengah. Buku ini terdiri atas tiga bagian (pannasa): dua pannasa pertama terdiri atas 50 sutta dan pannasa terakhir terdiri atas 52 sutta; seluruhnya berjumlah 152 sutta.
  • Anguttara Nikaya, buku ketiga dari Sutta Pitaka yang terbagi atas sebelas nipata dan meliputi 9.557 sutta.
  • Samyutta Nikaya, buku keempat dari Sutta Pitaka yang terdiri atas 7.762 sutta.
  • Khuddaka Nikaya, buku kelima dari Sutta Pitaka yang terdiri atas lima belas kitab, yaitu : Khuddakapatha, Dhammapada, Udana, Itivuttaka, Sutta Nipata, Vimanavatthu, Petavatthu, Theragatha, Therigatha, Jataka, Niddesa, Patisambhidamagga, Apadana, Buddhavamsa, dan Cariyapitaka.
3. Abhidamma Pitaka

Kitab ini  berisi uraian filsafat Buddha Dhamma yang disusun secara analitis dan mencangkup berbagai bidang, seperti : ilmu jiwa, logika, etika dan metafisika. Kitab ini terdiri atas tujuh buah buku, yaitu :
  • Dhammasangi, membahas etika yang dilihat dari sudut pandangan ilmu jiwa.
  • Vibhanga, membahas apa yang ada dibuku Dhammasangani dengan metode yang berbeda.
  • Dhatukatha, membahas unsur-unsur batin.
  • Puggalapannatti, membahas jenis-jenis watak manusia
  • Kathavatthu, membahas kumpulan percakapan-percakapan dan sanggahan terhadap pandangan-pandangan salah yang dikemukakan oleh berbagai sekte tentang hal-hal yang berhubungan dengan theologi dan metafisika.
  • Yamaka, membahas Mula, Khandha, Ayatana, Dhatu, Sacca, Sankhara, Anusaya, Citta, Dhamma dan Indriya.
  • Patthana, membahas sebab-sebab yang berkenaan dengan 24 Paccaya (hubungan-hubungan antara batin dan jasmani).
Perbedaan ketiga kitab tersebut terletak pada gaya bahasanya. Kalau Kitab Abhidhamma Pitaka gaya bahasanya bersifat sangat teknis dan analitis, sedangkan Kitab Sutta Pitaka dan Vinaya Pitaka gaya bahasanya bersifat naratif, sederhana dan mudah dimengerti oleh umum.

Sekian dulu artikel dari saya mengenai Kitab-Kitab Suci Agama Buddha, dan semoga artikel ini bisa menjadi bahan pembelajaran dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Namo Buddhaya..!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate