9 April 2016

Kisah Dan Sejarah Tokoh Buddhis Sun Go Kong

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Kisah Dan Sejarah Tokoh Buddhis Sun Go Kong

Buddha.id - Sun Go Kong - Tentu sudah tidak asing lagi bukan sangat terkenal dan cukup fenomena. Sun Go Kong merupakan tokoh utama dalam perjalan ke barat mengambil kitab suci menemani pendeta Tong dalam perjalanan nya. Sun Go Kong dalam bahasa Vietnam adalah Ton Ngo Khong, dalam bahasa Jepang adalah Son Goku dan dalam bahasa Thai adalah Sun Ngokong.

Dalam sebuah buku Novel di ceritakan Sun Go Kong sangatlah gagah perkasa dan senang sekali mengangkat tongkat sakti Ruyi Jingu Bang yang konon berat nya mencapai 8100 KG. Sun Go Kong merupakan seorang pejuang mahir yang mampu melawan panglima-panglima perang hebat di khayangan dan ia juga mempunyai kesaktian mantra menghembuskan angin, membelah air dan membuat lingkaran pengusir ancaman setan dll.

Sun Wukong lahir di Huaguo-Shan sebuah gua dan mitosnya dilahirkan sebuah batu yang menyerap saripati matahari dan bulan selama ribuan tahun ia tinggal bersama kera-kera lainnya dan dihormati karena memiliki kesaktian yang sangat tinggi.

Wukong belajar ilmu dari seorang guru Bodhi, namun sang guru awalnya enggan menerima Wukong sebab ia bukanlah seorang manusia. Namun dengan kegigihannya ia berusaha membuat sang guru Bodhi luluh dan menerima nya menjadi murid nya dan usahanya berhasil.

Si kera mulai belajar budi pekerti dan ilmu-ilmu sihir hebat yang pada akhirnya ia menjadi sakti dan susah diatur dan suka berbuat semena-mena ( sesuka hati ). Mendengar hal tersebut kaisar langit menjadi murka dan mengerahkan 100.000 tentara langit untuk menangkap Wukong, namun apa daya dengan kesaktian yang dimiliki Wukong malah membuat 100.000 pasukan langit tewas semua.

Kaisar Giok mulai resah karena tidak dapat mengendalikan sang kera sakti ini, lalu ia memohon kepada Buddha untuk menangkap Wukong. Buddha lalu bertaruh kalau Wukong tidak dapat keluar dari telapak tangan nya dan itu benar Wukong kalah bertaruh dan di hukum di gencet dikaki gunung lima jari selama 500 tahun lama nya.

Setelah menerima hukuman selama 500 tahun Wukong akhirnya dibebaskan oleh seorang pendeta Tong dan akhirnya mengangkat pendeta sebagai guru dan menemaninya pergi mengambil kitab suci ke barat.

Demikianlah ulasan singkat tentang Kisah Dan Sejarah Tokoh Buddhis Sun Go Kong, semoga artikel bermanfaat dan jika ada salah penulisan dan alur cerita mohon koreksinya DISINI. Salam Metta..!!

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate