30 Mei 2016

Bagaimana Pandangan Agama Buddha Mengenai Shio Atau Zodiak ?

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Bagaimana Pandangan Agama Buddha Mengenai Shio Atau Zodiak ?

Tanya : Namo Buddhaya, Bhante Bagaimana Pandangan Agama Buddha Mengenai Shio Atau Zodiak ? Apakah hal-hal tersebut dapat dipercaya ?
Saya pribadi tidak percaya dengan hal tersebut, namun saya bingung ada beberapa sifat saya cocok dengan apa yang ditulis pada shio/zodiak saya.

Mengapa bisa begitu Bhante ?

Jawab : Dalam pengertian Buddhis, salah satu sebab seseorang terlahir pada tanggal dan bulan dan tahun tertentu berkaitan dengan Karma yang ia miliki. Suka duka dan watak yang ia miliki juga merupakan bagian dari kaitan kamma tersebut. Meskipun demikian, perbuatan baik yang rutin dilakukan saat ini memungkinkan ia mengubah suka duka serta watak yang dimiliki sebelumnya.

Adanya Shio Maupun Zodiak merupakan bagian dari tradisi yang berkembang dalam masyarakat tersebut yang sudah berlangsung secara turun temurun sejak ribuan tahun yang lalu.

Penjelasan Shio/Zodiak biasanya hanya membahas hal-hal yang bersifat umum saja, tidak menjelaskan hal yang lebih khusus, misalkan tentang banyaknya kebajikan yang mungkin dilakukan orang tersebut. Demikian pula mereka yang dikatakan hidup bahagia, dengan upaya kebajikan yang tidak pernah berhenti kiranya akan dapat meningkatkan kebahagiaan yang telah dijelaskan melalui shio ataupun zodiak.

Dengan demikian, shio maupun zodiak mungkin saja mampu memperhitungkan kelebihan serta kekurangan seseorang. Namun, hanya orang itu sendirilah yang mampu mengubah segala yang telah diperhitungkan. Dengan selalu melakukan kebajikan melalui badan, ucapan serta pikiran, maka kelebihan dapat ditingkatkan, kekurangan dapat diperbaiki. Hidup pun menjadi lebih berbahagia.

Semoga jawaban ini dapat meningkatkan semangat untuk lebih banyak berbuat baik dengan badan, ucapan serta pikiran agar hidup lebih berbahagia melebihi semua pernyataan dan perhitungan yang diperoleh dari shio maupun zodiak.

Semoga semua makhluk selalu hidup berbahagia.
Salam metta,

Bhante Uttamo
Dikutip dari : http://yanditanuwijaya.blogspot.com/

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate