25 Agustus 2015

Agar Berhasil Begini Cara Melaksanakan Meditasi

Headline News : - Jadwal Perayaan KATHINA 2560 TB Tahun 2016 - Selengkapnya
Agar Berhasil Begini Cara Melaksanakan Meditasi

Cara Melaksanakan Meditasi- Sebelum kita ke topik pembahasan ada baik nya kita menyimak sejenak sejarah singkat tentang meditasi ini.  Dalam agama Buddha kata meditasi dipergunakan sebagai sinonim dari samadhi dan pengembangan batin Bhavana.

Tradisi meditasi konon sudah ada sebelum Buddha Gotama. Hal itu diakui Sang Buddha bahwa benar dengan menyatakan dia mendapat pelajaran dari dua orang brahmana yang sangat terkenal bernama Alara Kamala dan Uddaka Rammaputra hingga berhasil mencapai kosentrasi tingkat tertinggi menyamai sang guru.

Susah nya menghilangkan rasa malas saat mau meditasi ?

Yang nama niat baik kadang tidak selalu mulus dan mudah dicapai oleh sebab itu untuk dapat melaksanakana meditasi dengan berhasil, seseorang harus memperhatikan syarat meditasi sebagai berikut :
  • Memiliki keinginan yang kuat ( Tekad )
  • Memiliki moral yang baik ( Sila )
  • Sehat jasmani dan batin
  • Tempat yang terang dan memiliki waktu yang senggang
  • Adaya guru pembimbing
  • Memiliki buku pedoman meditasi ( Kitab )
  • Memiliki objek meditasi yang sesuai dengan sifatnya
  • Suhu tempat meditasi normal jangan panas jangan juga terlalu dingin
Terus bagaimana cara pelaksanaan meditasinya ??

Untuk dapat melakukan meditasi dengan baik kita harus memperhatikan kondisi kesehatan dan semua perkerjaan sudah selesai dan gangguan batin tidak ada kita dapat memulai nya. Alangkah baiknya jika meditasi dilakukan pada pagi hari sekitar pukul ( 04.00 - 07.00 ) dan malam hari ( 17.00 - 22.00 ) dan dilakukan secara terus menerus.

Dan berikut ini ajaran Sang Buddha tentang cara bermeditasi yang bisa kamu praktekan nanti :

Meditasi dengan cara duduk

Meditasi dengan cara ini biasanya dilakukan bagi pemula dan tingkat lanjut. Caranya duduk bersila (padmasana) badan tegak tetapi rilek, sebaiknya tidak bersandar pada dinding atau sandaran lain, mata dipejamkan, batin tenang dan pikiran dipusatkan pada obyek yang dipilih.

Meditasi dengan cara berdiri

Berdiri dengan kaki sedikit renggang, kedua tangan didepan dada, tangan kanan memegang tangan kiri, usahakan dapat menjaga keseimbangan tubuh supaya batin tenang, pikiran berkonsentrasi pada obyek yang dipilih.

Meditasi dengan cara berjalan

Meditasi berjalan disebut cankamana. Meditasi ini dapat dipraktikkan dengan beberapa cara :
  • Berjalan dengan menghitung langkah kaki
  • Berjalan dengan menyadari langkah maju, mundur, kekiri, kekanan. Menghitung langkah kaki kanan melangkah atau menyadari kaki kiri melangkah dst.
  • Berjalan dengan menggunankan obyek meditasi nimitta (bayangan) tubuh kita sendiri.
Meditasi dengan cara berbaring

Berbaring dengan posisi tubuh miring kekanan atau kekiri (kaki kanan/kiri diatas) seperti posisi tubuh Sang Buddha ketika parinibbana (wafat), kaki lurus, kepala ditopang dengan tangan kanan/kiri, mata dipejamkan, batin tenang dan pikiran terpusat pada obyek meditasi yang dipilih.

Demikianlah informasi tentang Agar Berhasil Begini Cara Melaksanakan Meditasi semoga artikel bermanfaat dan jika ada salah mohon koreksi nya dengan meninggalkan komentar.

Sumber : http://pak-diyon.blogspot.com

Buddha.id : Semoga kegiatan cetak buku paritta jilid 4 ini berjalan dengan lancar, bagi yang ingin ikut berpartisipasi bisa lihat Disini . Anumodana _/|\_ Found an article helpful? Donate